Berita  

1 Juni Hari Lahir Pancasila, BADKO HMI Kalbar Ziarah Kebangsaan ke Makam Sultan Hamid II

Pontianak, Beritaborneo.id – Badko HMI Kalbar gelar ziarah Kebangsaan ke makan Sultan Hamid II, Makam Batulayang, Pontianak (1/6/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2022.

Ziarah kebangsaan ini dilaksanakan di taman pemakaman Keraton Kadariah lebih tepatnya di makan Sultan Hamid II.

Kegiatan yang mengusung tema Refleksi Peran Sultan Hamid II sebagai perancang lambang Garuda Pancasila, dihadiri langsung oleh Ketua Umum Badan Koordinasi (BadKo) HMI Kalimantan Barat beserta sejumlah jajaran pengurusnya.

Makam Batulayang Pontianak. (Dok.Istimewa)

Abdul Muis mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar masyarakat terkhusus kader HMI harus memiliki rasa kebanggaan bahwa Kalimantan Barat mempunyai seorang tokoh penting dalam sejarah perjalanan bangsa ini.

“Masyarakat Kalbar apalagi kader HMI pada umumnya dan masyarakat kota pontianak harus bangga dengan Sultan Hamid II, karena beliau salah satu aktor penting dalam perjalan bangsa ini,” Tuturnya.

Muiz juga menegaskan agar seluruh jajaran perangkat daerah harus memiliki rasa bangga akan kontribusi Sultan Hamid II sebagai perancang Lambang Garuda Pancasila. Karena beliau menilai bahwa hari ini instansi-instansi negara kurang mengkampanyekan sosok Sultan Hamid II yang memiliki peran penting dalam perjalanan bangsa ini.

“Seharusnya seluruh stakeholder yang ada di Kalimantan Barat harus bangga dan turut mengkampanyekan peran Sultan Hamid II dalam dalam perjalan bangsa ini, karena menilai hari ini sangat jarang kita dengar tentang siapa Sultan Hamid II tersebut dan apa kontribusinya untuk bangsa ini” Tegasnya

 

Muiz juga menghimbau agar Pemerintah Provinsi, Kepolisian Daerah dan lembaga negara lainnya yang ada di daerah, kedepan harus mampu mengkampanyekan dan menyuarakan dengan tegas tentang kontribusi Sultan Hamid II didalam perjalan bangsa ini agar keinginan masyarakat agar Sultan Hamid II dapat dijadikan sebagai Pahlawan Nasional bisa terealisasi.

Baca Juga:  IKA PMII Kalbar Gelar Halal Bihalal, Silaturahmi dan Merajut Ukhuwah

“Ya kita berharap kedepan Pemerintah Provinsi, Kepolisian atau Polda dan instansi negeri yang ada di Kalbar juga turut serta dalam mengkampanyekan peran Sultan Hamid II agar keinginan kita bersama supaya Sultan Hamid II benar-benar bisa jadi Pahlawan Nasional,” tutupnya.

Al-fatihah Kepada pahlawan Nasional Indonesia Alm. Sri Sultan Hamid II Al Qodrie Bin Sri Sultan Muhammad Al Qodrie. Semoga Masyarakat Indonesia terus ingat perjuangan pendahulu bangsa Indonesia.

 

 

(*)