21 Ucapan Inspiratif Hari Kartini 2021

21-ucapan-inspiratif-hari-kartini-2021
Hari Kartini (Dok. Istimewa)

BeritaBorneo.id – Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April. Hari Kartini pada tahun ini, peringatan hari Kartini masih dalam suasana pandemi.

Dikutip dari buku R.A. Kartini Pahlawan Emansipasi Wanita karangan Daniel Agus Maryanto, R.A. Kartini merupakan putri dari bangsawan Raden Mas Adipatio Ario Sosroningrat yang merupakan Asisten Wedana di Mayong.

Kartini mengenyam pendidikan di Jepara di sekolah rendah kelas dua Belanda. Pada waktu itu, tidak semua kalangan dapat diterima di sekolah tersebut. Terlebih bagi kaum wanita.

Ia adlah sosok wanita inspiratif yang menjadi cikal bakal emansipasi wanita di Indonesia. Ia bergerak di bidang pendidikan demi kesetaraan kaum perempuan.

Dalam rangka memperingati dan mengenang perjuangan Kartini sebagai sosok wanita yang cerdas dan pemberani, membagikan ucapan inspiratif hari Kartini kepada teman atau kerabat melalui media sosial adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan.

Ucapan-ucapan Inspiratif Hari Kartini 2021

Berikut adalah kumpulan kata-kata inspiratif Kartini yang mendorong semangat kebangkitan di tengah pandemi covid-19 dikutip dari berbagai sumber,

  1. Bagaimanapun jalannya, sekali-kali jangan lelah untuk berusaha gigih membela semua yang baik.
  2. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu, tapi satu-satunya hal yang benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.
  3. Habis gelap terbitlah terang!
  4. Hidup ini penuh teka-teki dan rahasia. Manusia mudah berubah-ubah. Jangan selalu mencari sebabnya pada tabiat yang lemah.
  5. Hormati segala yang hidup, hak-haknya, parasnya.
  6. Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain.
  7. Jangan bangkitkan cita-cita yang pasti akan mati. Janganlah hendak bermimpi bila lebih dulu telah diketahui akan bangun dengan teramat mengecewakan.
  8. Jangan biarkan kegelapan kembali datang jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena.
  9. Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya. Kamulah yang membiarkannya datang.
  10. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.
  11. Kalau ada kepentingan besar, kepentingan kecil harus diabaikan.
  12. Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia. Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikannya buah.
  13. Lebih banyak maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita, semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.
  14. Perempuan adalah pembawa peradaban.
  15. Perempuan yang pikirannya telah dicerdaskan, pemandangannya telah diperluas, tak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.
  16. Tahukah engkau semboyanku? ‘Aku mau’ Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata ‘Aku tiada dapat’ melenyapkan rasa berani. Kalimat ‘Aku mau’ membuat kita mudah mendaki puncak gunung.
  17. Terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.
  18. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.
  19. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.
  20. Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!
  21. Tidak menjadi soal bagaimana caraya mengabdi kepada kebaikan, asalkan baik saja.
Baca Juga:  Yakorma Kuala Lumpur Raih National Records dari The Malaysia Book of Records.

Untuk memberikan ucapan hari Kartini bisa mengutip tulisan-tulisan R.A Kartini dengan menyematkan kata ‘Selamat Hari Kartini’ di akhir kata-kata tersebut.

Selamat memperingati hari Kartini!