Berita  

Opening Ceremony Porseni NU, Terlaksana Pertama Kali Sejak Satu Abad

SURAKARTA, BERITABORNEO.ID  – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama Tingkat Nasional 2023 telah resmi dibuka. Opening ceremony digelar di Sritex Arena, Solo, Senin malam (16/1/2023).

Ketua Panitia Porseni NU, KH. Nusron Wahid menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung dari 13 hingga 22 Januari 2023 dengan diikuti sebanyak 3.643 santri dan pelajar putra putri madrasah, sekolah, pondok pesantren, dan perguruan tinggi dari 34 utusan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) saling berkompetisi menjadi yang terbaik.

“Kegiatan ini adalah yang pertama kali dilaksanakan sejak satu abad Nahdlatul Ulama,” jelas Nusron Wahid.

Ia juga menerangkan bahwa total akan ada 1.200 dewan juri dan perangkat pertandingan lainnya yang akan meramaikan Porseni NU 2023 yang bertajuk “Merawat Raga, Memperkuat Bangsa untuk Peradaban Dunia,” lanjutnya.

“Kegiatan ini mempertemukan solidaritas tiga unsur penting NU, yaitu santri, pelajar, dan mahasiswa,” terang Nusron.

Sementara itu, Ketua Pengarah (SC) satu abad Nahdlatul Ulama (NU) Erick Thohir menambahkan bahwa Porseni NU tingkat nasional dapat menjadi momentum meningkatkan kesadaran akan pentingnya olahraga. Erick menyampaikan hal ini selaras dengan ajaran Islam yang mendorong umat untuk mempunyai kekuatan dalam rohani maupun jasmani.

“Islam mengajarkan kita akan pentingnya kewajiban menjaga kekuatan jasmani dan rohani. Ini luar biasa, ribuan santri dan para kiai hadir di sini untuk menggelorakan budaya olahraga di negeri ini. Kalau umat sehat, Indonesia akan jauh lebih kuat,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa NU sebagai organisasi Islam terbesar tidak sekedar memberikan sumbangsih kepada negeri dalam bidang keagamaan, tetapi juga dalam olahraga dan kesehatan.

Baca Juga : Libur sekolah, Pondok Pesantren Al-Qomar mengadakan Islamic Student Olyimpiad

Baca Juga:  Menjelang Nataru Stok BBM Bersubsidi Kondisi Aman

“Tapi juga sektor lain seperti olahraga. Para santri sebagai masa depan generasi umat Muslim, harus berakhlak, cerdas, kuat, dan juga tangkas,” pungkasnya.

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar mengharapkan kepada para atlet se-Indonesia yang datang dari jauh ke Surakarta ini bukan hanya sekedar meraih cita-cita memenangkan pertandingan sebagai tanggungjawab duniawi, tetapi juga akan meraih pahala yang besar.

“Pulanglah nanti dengan kebanggaan membawa nilai-nilai ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah Nahdliyah. Mudah-mudahan pada waktu-waktu yang akan datang kita bersua lagi,” ucap Kiai Miftah.

Baca Juga :  MD KAHMI Kabupaten Ketapang Siap Laksanakan Musyawarah Daerah 

Beliau menyampaikan harapannya dengan adanya Porseni NU dapat melahirkan kader-kader militan yang sungguh-sungguh siap menanggung amanah besar, sebagaimana cita-cita para pendiri NU.

Menambahkan pula, Dr. H. syarif, MA selaku Ketua PWNU Kalbar yang turut hadir pada opening ceremony menyampaikan bahwa kegiatan Porseni NU tingkat nasional 2023 sangat luar biasa, sangat meriah dan mengagumkan.

“Wah opening ceremony Porseni NU sangat luar biasa acara pembukaan ini, apalagi Rais Aam dan menteri turut hadir di Sritex Arena ini. Saya sangat bangga kontingen Porseni NU Kalbar bisa turut serta didalamnya. Harapan saya para atlet dan peserta yang kami utus bisa meraih juara dari setiap cabor dan seni yang diikuti. Saya ucapkan selamat bertanding junjung tinggi fairplay dan sportifitas,” ujar Rektor IAIN Pontianak ini juga.

Sebagai informasi, dalam agenda pembukaan Porseni NU ini juga dihadiri oleh Rais ‘Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, Ketua Peringatan Satu Abad NU Yenny Wahid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan pejabat serta para undangan VIP lainnya. (Dr)