Aliansi Mahasiswa Ketapang Lakukan Aksi, Tuntut Selesaikan Masalah Regional Hingga Nasional

Ketapang, Beritaborneo.id Aliansi mahasiswa Ketapang menggelar aksi damai membawa beberapa tuntutan regional maupun nasional di Gedung DPRD Ketapang Kalimantan Barat. Rabu (13/4/2022).

Awalnya, mereka berkumpul di masjid agung Al-ikhlas dengan rute taman kota Ketapang lalu menuju Gedung DPRD Ketapang.

Dari beberapa aliansi mahasiswa, sudah menyampaikan beberapa aspirasi dari tuntutan. Diantaranya ada yang disampaikan oleh Presma DEMA Al-Haudl, BEM Politap, Ketua Umum HMI Cabang Ketapang, Ketua Umum Kohati cabang Ketapang, Ketua GMNI, Ketua PMKRI, ketua PMII dan beberapa mahasiswa yang menyampaikan aspirasinya lewat orasi.

Ada beberapa tuntutan yang disampaikan pada aksi damai kali ini.

“Kurang lebih ada 7 tuntutan yang kami sampaikan pada hari ini, baik isu nasional maupun regional,” jelas ketua umum HMI cabang ketapang sebagai koordinator lapangan.

“Untuk isu nasional kami menuntut kenaikan PPN, mendesak DPR RI untuk tidak mengamandemen Undang Undang 1945 jika ada potensi penundaan pemilu dan wacana penambahan masa jabatan presiden tiga periode,” lanjutnya.

Namun tidak hanya menuntut isu nasional, tetapi juga mengangkat isu daerah.

“Kami juga menolak naiknya harga BBM jenis pertamax karena akan memicu kenaikan harga BBM jenis pertalite juga,” Lanjutnya.

Setelah beberapa aliansi mahasiswa menyampaikan orasinya, anggota DPRD pun menanggapinya.

“Ini tidak menjadi mutlak DPRD maupun kawan-kawan atas penuntutan ini, tetapi ini menjadi kebijakan bersama seluruh aspek yang terikat dalam sistem pemerintahan kabupaten Ketapang,” jelas salah satu anggota DPRD Ketapang.

Setelah itu, ketua umum HMI cabang Ketapang menegaskan kembali terkait poin-poin tuntutannya agar bisa direalisasikan.

“Adapun poin tuntutan yang kami sampaikan bukan hanya untuk di tampung, tetapi untuk direalisasikan” lanjut ketua umum HMI cabang ketapang.

Setelah tuntutan, Aliansi mahasiswa memberikan batas waktu selambat-lambatnya 2 bulan sampai tanggal 13 Juli 2022. Jika tidak maka kami akan menurunkan masa lebih banyak lagi.

Red