Berita  

Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Pencegahan dan Penanganan Karhutla

apel-gelar-pasukan-kesiapsiagaan-pencegahan-dan-penanganan-karhutla
Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Pencegahan dan Penanganan Karhutla

Kubu Raya, Beritaborneo.id- Babinsa Muara Baru hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2021 bertempat di PT. Graha Agro Nusantara desa Muara Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Sabtu (10/04/2021).

Hadir pada acara tersebut, Camat Sungai Raya di wakili oleh Bapak Samiun, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kubu Raya di wakili oleh Bapak Herfandy, S.Sos, Kepala Desa Muara Baru Bapak Suryadi, Danramil 1207-06/Sungai Ambawang Kapten Kav Edy Darmadi, Babinsa Desa Muara Baru Sertu Samuel Penu, Kapolsek Sungai Raya di wakili oleh Aiptu Reflen, Pimpinan PT. Graha Agro Nusantara Bapak Lumba Aman Purba, Asisten 1 Sekda Kubu Raya Bapak Mustafa, Dinas Agni Kubu Raya Bapak Taufik, Ketua RW dan RT Desa Muara Baru serta Tokoh masyarakat Desa Muara Baru.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kubu Raya yang di wakili oleh Bapak Herfandy, S.Sos dalam laporannya mengatakan, “Tujuan dilaksanakannya apel kesiapsiagaan tersebut adalah untuk memperkuat koordinasi dan konsolidasi dalam penggerakan sumber daya yang ada secara terpadu dan terarah dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Barat khusunya Desa Muara Baru Kecamatan Sungai Raya.”

Sementara itu Camat Sungai Raya yang di wakili oleh Bapak Samiun dalam arahannya mengatakan, “Pemerintah Daerah harus siaga dan waspada terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan. Meskipun saat ini kita sedang menghadapi bencana non alam Pandemi Covid-19, namun kewaspadaan kita terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan tidak boleh kendor,” Ungkapnya.

“Apel siaga ini merupakan tekad dan spirit kita semua untuk semakin meningkatkan kebersamaan dan kegotongroyongan serta kesiapan kita dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Saya yakin dengan kebersamaan kita akan mampu mengamankan hutan kita, baik dari tindakan-tindakan pembalakan liar maupun dari kejadian kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Baca Juga:  Wacana atau Dramatisasi Agenda, Goedang literasi Sambas Gandeng Rumah kejuangan Gelar Diskusi 

Camat juga meminta seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk memperkuat kebersamaan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Muara Baru Koramil 1207-05/Sungai Raya Sertu Samuel Penu menyampaikan, “Arahan Presiden tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan yaitu memprioritaskan pencegahan melalui deteksi dini, infrastruktur monitoring dan pengawasan harus sampai ke bawah, mencari solusi permanen agar korporasi dan masyarakat membuka lahan dengan cara tidak membakar, penataan ekosistem dalam kawasan hidrologi gambut, tanggap dan jangan terlambat ketika terjadinya kebakaran hutan dan lahan, serta sanksi tegas terhadap para pembakar hutan dan lahan,” Ujar Sertu Samuel Penu

“Kami menghimbau kepada seluruh perusahaan dan masyarakat untuk bersama-sama bahu membahu mengatasi pencegahan Karhutla, karena kalau bukan kita siapa lagi, mari kita dukung program pemerintah, Stop Karhutla,” Ucapnya.

Setelah melaksanakan apel kesiapsiagaan, Babinsa mendampingi Camat Sungai Raya dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kubu Raya mengecek kesiapan alat perlengkapan yang dimiliki PT. Graha Nusantara 2 dalam pengendalian dan penanganan kebakaran hutan dan lahan serta penandatanganan MOU tentang penanggulangan karhutla dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

 

***