Beduk Raksasa di Pasang di Depan Masjid Raya Singkawang

beduk-raksasa-di-pasang-di-depan-masjid-raya-singkawang
Beduk Raksasa di Pasang di Depan Masjid Raya Singkawang

Singkawang, BeritaBorneo.id – Replika Beduk Raksasa berukuran sepanjang 7 meter berada di depan Masjid Raya Singkawang akan menghiasi Ramadhan tahun ini di Kota Singkawang.

Replika beduk tersebut dibuat menggunakan kayu dan material-material lainnya, serta dilukis sesuai dengan tema Ramadhan. Replika beduk ini dikatakan akan menjadi replika beduk terbesar se-Kalbar untuk saat ini.

Pembuatan replika beduk tersebut dilakukan oleh organisasi masyarakat Persatuan Orang Melayu (POM) dengan dana swadaya ataupun sumbangan dari masyarakat.

“Saat ini masih proses pengerjaan. Ini akan diresmikan pada awal malam Ramadhan, nantinya juga akan kita hiasi lampu,” jelas Erik Sandi, salah satu panitia pembuatan replika Beduk Ramadhan tersebut, Kamis (8/04/2021).

Ia mengungkapkan, pembuatan replika beduk ini merupakan salah satu bentuk wujud nyata, dan semangat dari masyarakat Melayu, khususnya yang ada di Kota Singkawang dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

“Beduk ini menerjemahkan semangat Islam, serta untuk memeriahkan Ramadhan. Juga syiar Islam, karena dengan semangat kebersamaan inilah, kita mengajak semua lini, bahwa ini adalah momen terbaik dengan merias gemerlap lampu di Kota Singkawang,” imbuhnya.

Erik mengatakan, bahwa hingga saat ini pengerjaan replika beduk tersebut sudah berlangsung kurang lebih selama dua pekan dan menghabiskan dana hingga puluhan juta rupiah.

“Biaya kurang lebih sudah Rp 20 juta, tapi belum sampai finishing karena ini belum ada hiasan lampu, kita nanti akan dihiasi lampu. Dan ini dana murni dari POM, kita juga membuka ruang,” pungkasnya.

 

***

Baca Juga:  BERKIBAR Hadir Di Kota Pontianak,  Menimbulkan Kepedulian Terhadap Sesama