Adaptasi Baru, BEMKM UM Pontianak Sukes Gelar Webinar Memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan

  • Bagikan
Tampilan Webinar Via Zoom Meeting (Dok. Istimewa)

Pontianak || Beritaborneo.id –Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEMKM) UM Pontianak Menyelenggarakan webinar Pendidikan literasi dalam rangka memperingati hari kunjung perpustakaan 14 september dengan tema “adaptasi baru: Urgensi peringatan hari kunjung perpustakaan nasional untuk mewujudkan SDM unggul Indonesia maju”. Selasa, (14/09/2021) Via Zoom Meeting.

Kegiatan ini merupakan upaya dari BEM-KM UM Pontianak untuk merevitalisasi Kembali sejarah hari kunjung perpustakaan 14 september yang tidak banyak diketahui. Apalagi ditengah-tengah situasi transisi kehidupan manusia menuju adaptasi baru atau dunia digital.

Tentu hari penting nasional ini harus terus digaungkan, harapannya generasi muda bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah penting ini. Rektor UM Pontianak Dr. Doddy Irawan, S.T., M.Eng dalam sambutannya mengatakan,

“perpustakaan adalah sumber ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan literasi,” ujarnya.

Presma UM. Pontianak Shirat Nurwandi mengatakan bersyukur hari ini kita telah menikmati kemerdakaan dalam belajar, sehingga rasanya tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar. Apalagi mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut untuk terus mampu mengikuti perubahan serta perkembangan zaman yang kian massif ini.

“Adapun tujuan dari kegiatan tersebut merupakan agenda peringatan hari kunjung perpustakaan sebagai bentuk usaha peningkatan budaya literasi dan pentingnya keberadaan perpustakaan sebagai pusat peradaban dan sumber kecerdasan, meningkatkan kesadaran masyarakat, keluarga, anak-anak, dan pelajar serta mahasiswa, bahwa membaca dan literasi dapat menjadi jembatan dunia pengetahuan, dan mendorong masyarakat, keluarga, dan para pelajar memiliki kemampuan membaca dan literasi,” Jelas Shirat.

Kemudian, pada acara webinar Pendidikan literasi tersebut, juga menghadirkan 4 narasumber yang luar biasa yaitu 1. Machhendra Setyo Atmaja (Staf Khusus Menko Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan RI) 2. Yuline Marhaeni, S.Sos, M.Si. (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov.Kalbar) 3. Dwi Cahyo Prasetyo, S.IP., M.A (Pustakawan UM Pontianak) 4. Fadhil Mahdi, S.E. (Duta Baca Kalbar). Bentuk Kegiatan dilaksanakan melalui daring dengan zoom meeting.

Selanjutnya, Shirat berharap para peserta adalah Mahasiswa UM Pontianak dan Mahasiswa umumnya serta Masyarakat luas bisa memberikan literasi semakin baik kedepannya.

  • Bagikan
Ini terletak pada bagian bawah halaman, sebelum footer