kartini

Belajar Al-qur’an Jadi Rutinitas Prajurit Kodim Selama Ramadan

  • Bagikan
belajar-al-quran-jadi-rutinitas-prajurit-kodim-selama-ramadan
Rutinitas Baca Al-Qur'an Kodim 1207/BS (Dok. Pendim 1207/BS)

Pontianak, BeritaBorneo.id – Ramadan menjadi bulan penuh berkah bagi umat muslim di dunia. Di bulan ini, umat muslim sibuk dengan kegiatan keagamaan, salah satunya belajar membaca Alquran. Bertempat di Aula Makodim 1207/BS Jl. Gusti Sulung Lelanang Kel. Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan Kalimantan Barat, (Rabu, 14/04/2021).

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala ketika bulan Ramadhan salah satunya dengan membaca Al-qur’an. Bahkan hal ini yang paling sangat dianjurkan dalam mengisi hari-hari selama berpuasa. Sebab pada bulan inilah kitab suci umat Islam ini diturunkan.

Seperti yang dilakukan prajurit TNI muslim Kodim 1207/BS (Berdiri Sendiri) melaksanakan kegiatan belajar Al-qur’an. Kegiatan ini dilakukan para prajurit setiap hari selepas Apel pagi selama bulan suci ramadan.

Komandan Kodim (Dandim) 1207/Berdiri Sendiri Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M., menjelaskan, kegiatan belajar Alqur’an tersebut guna meningkatkan ketaqwaan prajurit, utamanya di bulan suci Ramadan.

Menurut Dandim kegiatan baca Alqur’an ini sangat bermanfaat untuk mengisi bulan Ramadan dengan berlomba-lomba mencari kebaikan dan mengingat Allah SWT dengan bacaan ayat suci Alquran di bulan Ramadan ini selain Tadarus dan sholat tarawih bersama”, Jelas Dandim.

Dandim juga menjelaskan, manfaat lain saat melakukan baca Alqur’an pada saat bulan puasa adalah terciptanya kedamaian dalam hati.

“Allah menurunkan Alquran memang dengan tujuan memberikan penerangan bagi seluruh umat muslim. Berbagai hal di jagat raya ini tertulis dengan rapi di kitab suci ini. Mulai dari kehidupan, kematian hingga kehidupan kekal yang ada di akhirat semuanya terdapat dalam Alquran, Tutur Dandim.

“Ini juga merupakan rutinitas prajurit kami dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga menjadi salah satu agenda atau kegiatan prajurit yang muslim untuk melaksanakan belajar Al-qur’an selama 60 menit setelah kegiatan Apel pagi,” Terang Dandim.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan baca al-quran rutin selama bulan ramadan ini, kita dapat meraih Ridho dari Allah SWT dan semoga kita serta Keluarga Besar Kodim 1207/BS ini akan selalu Istiqomah dalam beribadah dan beraktifitas baik itu di dalam satuan maupun saat berada di wilayah binaan masing masing” Pungkas Dandim.

 

***

  • Bagikan
Ini terletak pada bagian bawah halaman, sebelum footer