kartini

Gelar Dialog Kebangsaan, BEM Fisip Untan Di Apresiasi Kepala Kesbangpol Kalbar

  • Bagikan
Dok: Tim Liputan

Pontianak, Beritaborneo.id – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tanjungpura Pontianak menggelar Dialog Kebangsaan, bertemakan “Pancasila Menjawab Tantangan Zaman” (Disrupsi, Pandemi,Radikalisme, Penegakan Hukum dan HAM) dalam rangka memperingati hari Kelahiran Pancasila, di Aula Magisterium S2 FISIP Untan dan Via Zoom Meeting, Sabtu (12/6/2021).

 

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan BEM se-kota Pontianak, Internal FISIP Untan, Mahasiswa Daerah se-Provinsi Kalimantan Barat dan Mahasiswa Umum yang hadir melalui zoom meeting.

 

Dalam kegiatan tersebut,  dihadiri tamu undangan yakni Kepala Kesbangpol Kalbar, Hermanus, Syarif Amin Muhammad, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat dan Herri Jenius Akademisi FISIP Untan serta hadir pula Wakil Dekan III FISIP Untan Sabran Achyar sebagai pembuka kegiatan..

 

Riyoldi selaku Presiden Mahasiswa BEM KBM FISIP Untan, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah untuk memperingati hari Kelahiran Pancasila 1 Juni kemaren.

 

Sebagai wadah dalam kampus yang di naungi oleh kaum intelektual, maka dari itu salah satu tugas yang perlu kita laksanakan Bersama yakni mensosialisasikan Pancasila kepada masyarakat ataupun pemuda.

 

Riyoldi juga menuturkan, salah satu cara mensosilisasikannya yakni seperti yang kita laksanakan saat ini, yakni adakan dialog kebangsaan.

 

Dengan adanya kegiatan ini,adalah suatu bentuk untuk meyakinkan kepada public bahwa Pancasila ialah Ideologi yang tangguh.

 

 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, lanjut Riyoldi, tentu yang pertama dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni.

Kemudian, jauh dari itu untuk memastikan dan meyakinkan bahwa Pancasila merupakan Ideologi tangguh disegala situasi.

 

Saya meyakini, kata Ketua BEM Fisip Untan, bahwa pancasila dapat menjawab segala bentuk perubahan-perubahan zaman beserta tantangannya.  Maka, berkenaan dengan tema itu kita ambil fenomena yang terjadi sejak awal rentang tahun 2021.

 

Selanjutnya, Ia juga berharap dengan adanya Dialog Kebangsaan ini dapat membuat Pemuda dan Mahasiswa dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dari segala macam aktivitas sehari-hari.

Selain itu, Aktivis HMI itupun menambahkan, mahasiswa maupun pemuda terus selalu meningkatkan rasa nasionalisme dan kemampuan untuk memahami dan menafsirkan nilai-nilai Pancasila secara positif.

 

Dikesempatan yang sama, Kepala Kesbangpol Kalbar, Hermanus mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM Fisip Untan.

Menurut Hermanus, Kegiatan ini tentu sangat baik sekali dan tentu kita sekali lagi memberikan apresiasi atas penyelanggaraan acara ini.

Dimana, Hermanus memang mengusahakan diri sebagai Kepala Kesbangpol Kalbar dalam acara tersebut.

 

“saya memang mengusahakan diri untuk hadir dalam acara ini, karena kegiatan ini merupakan kegiatan sangat bagus, apalagi di hadiri oleh mahasiswa dan pemuda/I Kalbar,” ujarnya.

 

Dimana, “Disini, adek-adek mahasiswa membantu tugas kami, membantu tugas KESBANGPOL, membantu tugas pemerintah. Kita berharap kegiatan-kegiatan seperti ini kedepannya yang sudah baik ini tentu harus kita pertahankan  dan kita tingkatkan. Termasuk kami juga akan berupaya kedepannya, kita bisa berkolaborasi antara kami Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang mana sekali lagi memiliki tugas untuk pembinaan dan penguatan ideologi Pancasila dengan adek-adek mahasiswa,” tutupnya.

  • Bagikan
Ini terletak pada bagian bawah halaman, sebelum footer