Jenis Bunga Untuk Kesehatan Dan Bisa Dimakan

  • Bagikan
Sumber: Merdeka.com

Pontianak,beritaborneo.id – Mari kita pahami, bahwa bunga merupakan salah satu tanaman hias yang sangat disenangi dan disukai oleh sebagian besar perempuan. Tidak tahu kenapa penyebab sebagian besar perempuan menyukai bunga, karena belum ada penelitian maupun ilmuwan yang bisa mengungkapkannya.

Akan tetapi, penulis tidak akan konsen pada konteks apa penyebab perempuan lebih menyukai bunga dari pada pria. Tapi tulisan ini akan menyajikan tentang manfaat dari bunga untuk kesehatan tubuh dan lingkungan. Ya, mungkin dilain waktu kita akan bahas dan sajikan dengan tulisan disini pula.

Bunga, merupakan makhluk hidup dengan sebutuan tumbuhan, dan tumbuhan ini yang paling indah dari pada makhluk yang lainnya. Banyak manusia menyukai bunga karena keindahannya, penulis tidak tahu kategori indah itu seperti apa, hanya saja definisi indah relatif dan setiap manusia berhak bersperspektif dengan bebas, karena itu hak.

Beberapa bulan yang lalu atau beberapa tahun yang lalu, trending banget isu dan informasi yang diinformasikan oleh seluruh media atau televisi tentang bunga, kepada manusia dijagat raya ini.

Tahukan anda, bahwa bunga merupakan salah satu makhluk yang juga sangat berpengaruh besar untuk kesehatan manusia. Tidak semua bunga yang memberikan efek kesehatan untuk manusia, tetapi ada beberapa jenis bunga yang memiliki pengaruh besar untuk kesehatan manusia.

Maka dari itu, penulis akan menyajikan pengetahuan tentang bunga apa saja yang harus kita rawat dan juga kita tanam dilingkungan rumah kita.  Yok, mari kita baca sampai selesai.

  1. Bunga Marigold (Calendula)

Bunga Marigold, pernah mendengar nama jenis bunga ini? Mungkin, dibeberapa tempat atau daerah nama bunga ini berbeda-berbeda penyebutannya. Ya, tentu kita sudah tahu, dengan beribu-ribu bahasa yang ada di Indonesia, dan juga suku yang ada, pastinya juga sama dengan penyebutannya kepada semua tumbuhan atau tanaman.

Bunga Marigold merupakan salah satu jenis bunga yang sangat bagus untuk kesehatan kita. Maka dari itu, kalau ingin menjaga kesehatan, salah satunya dengan menanam bunga ini.

Bunga ini pula akan berpengaruh kepada lingkungan karena baunya yang wangi dan bisa memberikan aroma baru untk lingkungan tempat tinggal anda.

Jenis bunga ini memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Sebenarnya banyak lagi manfaatnya, tapi penulis menyebutkan contoh itu saja, ya. Jenis bunga ini sering digunakan oleh perusahaan kosmetik, yakni untuk menghilangkan jerawat, membersihkan kulit. Selain itu pula, untuk meredakan inflamasi atau peredangan, dan lainnya.

Marigold bahkan bisa dimakan juga. Caranya gimana, tentu kalian harus pahami jika untuk mengkonsumsi bunga ini, yakni  ambil bunganya, bersihkan dengan air bersih ataau air hangat, lalu anda bisa memakannya. Sangat mudahkan, tentunya karena bunga ini merupakan bunga yang sering juga dicampur dengan makanan sayuran lainnya, seperti salad, pasta, sup, dan beberapa makanan yang lainnya.

  1. Bunga Carnation (Anyelir)

Bunga apakah ini? Ya, bunga ini merupakan bunga dengan nama latin Dianthus Caryophyllus atau juga dikenal dengan bunga anyelir. Jenis bunga ini memberikan manfaat untuk membantu masalah pencernaan, pusing dan sakit kepala, selain itu meredakan radang.

Tapi tunggu dulu. Bukan itu saja manfaatnya. Ini bunga juga bisa dimkan. Bunga carnation sering digunakan untuk mebuat wine, permen. Pasti anda juga bertanaya. Bunga ini rasanya manis, tidak jaug berbeda dengan pala dan cengkeh.

  1. Bunga Chrysanthemum (Krisan)

Seperti yang kalian ketahui, tapi jika tahu, ya. Bunga yang tidak kalah bagus dan bermanfaatnya ini merupakan bunga yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata, flu, memiliki kekayaan mineral,mengandung kalsium, zat besi, kalium, magnesium, sekaligus bagus untuk mengobati sinusitis.

Lantas, apakah bunga ini bisa dikonsumsi. Itu sudah pasti. Bunga ini sering pula digunakan untuk campuran dalam tumisan, salad, dan beberapa makanan sayuran yang lain.

  1. Bunga Rose (Mawar)

Kalau jenis bunga ini, sudah tentu tidak asing lagi bagi kalian. Bunga ini merupakan bunga rose atau mawar. Bunga ini memang paling populer diketahui dan digunakan oleh orang-orang yang lagi kasmaran atau romantic dan lain sebagainya.

Bunga Rose dengan aroma yang sangat fantastis dan wangi juga akan kaya kesehatana. Bunga Rose mengandung antioksida dan vitamin. Bisa mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, kanker, pencernaan yang terganggu, sembeli dan beberapa masalah buang air kecil, stres dan lain sebagainya.

Bunga Mawar bisa dikonsumsi juga,lho. Bunga mawar ini sering dijadikan campuran  untuk sup, salad, selai hingga the. Tapi gimana kalau di Indonesia? nah, itu dia. Kalau hal itu, penulis tidak menjelaskannya disini. Bisa kalian pergi langsung ke restoran, maupun dibeberapa tempat yang ada makanan dengan campuran bunga mawar. Dan, itupun tergantung kalian mau atau nggak. Heheheh.

  1. Bunga Elderflower (Elderberry)

Eldelflower atau Eldelberry adalah jenis bunga yang memilik manfaat dan fungsi untuk kesehatan. Apa manfaatnya? Bunga ini berkhasiat mengobati batuk, pilek, infeksi sinus, alergi, serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menstabilkan gula darah.

Kandungan bunga ini yakni memiliki zat bioflvonoid, flavonol. Dan asam chloregenic, triterpenoid.

Selanjutnya, bunga ini bisa dikonsumsi, yakni dibuat jeli,cuka dan bunga elder goreng. Silahkan dicoba sendiri ya.

  1. Bunga Lilac

Bunga apa lagi ini? Pengen tahu ya? Yok, mari dibaca sampai tuntas. Jenis bunga ini adalah bunga merupakan bunga yang bisa digunakan untuk makanan yang berkuah dan minuman. Bunga Lilac jarang tumbuh atau lebih tepatnya tidak sembarangan tumbuh dibeberapa daerah panas. Bunga Lilac sering pula digunakan untuk makanan ice cream, sorbet, selai, manisan.

  1. Bunga Nasturtium

Bungan merupakan bunga yang memiliki nama latin Tropaeolum Majus. Merupakan salah satu bunga yang sering dan banyak dikonsumsi. Memiliki kandungan air yang banyak dengan rasanya yang manis.

Nasturtium banyak diguakan sebagai bahan sentuhan pada platting piring masakan. Yang berfungsi sebagai tanmbahan salad, sandwich, pasta dan beberapa makanan pembuka yang lainnya. Kuncupnya pun bisa digunakan untuk acar dan penyedap rasa.

  1. Bunga Daylily (Lily)

Dengan aroma yang manis seperti buah melon, jenis bunga ini memiliki banyak manfaat pula. Manfaat bunga Lily yakni membantu menghilangkan jerawat, mencegah pertumbuhan sel kanker, stabilkan kolestrol, sakit batuk, amandel, labung dan beberapa pelembab kuli.

Kandungan yang ada didalam bunga lily adalah lemak, protei, flavonoid, karotenoid, sapion,colchicines dan plisakarida. Dimana, bunga ini juga bisa dikonsumsi mentah. Tapi jangan lupa dibersihkan juga, ya.

Penulis: RedEditor: Suhedi
  • Bagikan
Ini terletak pada bagian bawah halaman, sebelum footer