Kapolresta Pontianak Kota: 5 Item Dalam Latihan Kesamaptaan

  • Bagikan
Sumber: Polresta Pontianak Kota

Pontianak,beritaborneo.id – Polresta Pontianak Kota mulai menggelar kegiatan kesamaptaan jasmani tahap 2 tahun 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di komplek Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, kota Pontianak.

Kegiatan kesamaptaan jasmani yang digelar oleh Bag Sumda Polresta Pontianak Kota tersebut, merupakan kegiatan periodik yang dilakukan setiap enam bulan sekali.

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes. Pol. Andi Herindra, menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan kesamaptaan jasmani tersebut adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan fisik dan kesehatan anggota Polri, dan ASN khususnya Polresta Pontianak Kota dan Polsek Jajaran.

Selain itu, kesamaptaan jasmani tersebut juga bertujuan menjaga kebugaran fisik setiap anggota Polri agar tetap prima dan selalu siap bertugas dalam kondisi dan situasi yang sangat dinamis.

“Kegiatan kesamaptaan jasmani ini secara periodik kami laksanakan untuk mengukur kemampuan fisik personil Polresta Pontianak Kota, mengingat tantangan tugas kedepan yang semakin dinamis. Untuk itu perlu kesiapsiagaan anggota Polri baik itu sarana prasarana, termasuk kesehatan yang prima”, ujar Kombes. Andi.

Ditemui di tempat berbeda, Kabag Sumda Polresta Pontianak Kota, Kompol. Tedjo Sasono, sebagai penyelenggara kegiatan kesamaptaan jasmani, mengatakan ada lima item yang harus dijalani oleh setiap personil Polresta Pontianak Kota dalam tes kesamaptaan jasmani. Yakni, lari 12 menit mengelilingi lintasan stadion SSA, Pull Up, Push Up, Sit Up dan Shutle Run (lari membentuk angka 8).

“Kami membagi personil Polresta Pontianak Kota dalam 4 kelompok golongan umur. Gol I usia 21 s.d 30 tahun, Gol II usia 31 s.d 40 tahun, Gol III usia 41 s.d 50 tahun, Gol IV usia diatas > 51 tahun. Setiap personil harus melalui lima tahapan kesamaptaan yaitu lari 12 menit, pull up, push up, sit up dan shutle run (lari membentuk angka 8)”, jelas Kompol Tedjo.

Kabag Sumda Polresta Pontianak Kota, Kompol. Tedjo Sasono, menambahkan bagi anggota yang sudah berumur 50 tahun ke atas, tim kesamaptaan jasmani menganjurkan untuk berjalan kaki / treadmill mengelilingi stadion SSA selama 12 menit tanpa pull up, sit up, push up dan shutle run.

Kegiatan kesamaptaan jasmani Polresta Pontianak Kota tersebut diawali dengan pemeriksaan kesehatan seperti pengecekan tekanan darah, kemudian dilakukan pemanasan sebelum kegiatan.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti membatasi peserta di setiap tahapan, wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan tahapan, dan menjaga jarak, kesamaptaan jasmani Polresta Pontianak Kota tersebut dilaksanakan selama 10 hari dimulai tanggal 7 September dan akan berakhir pada tanggal 17 September 2021 yang akan datang. ***

  • Bagikan
Ini terletak pada bagian bawah halaman, sebelum footer