Narasi  

Cerita sang wisudawan Muda

cerita-sang-wisudawan-muda
Cerita sang wisudawan Muda

Muhlas, S.H

Wisudawan muda IAIN Pontianak 2021

BeritaBorneo.idWisuda semuanya pasti diharapkan bagi seluruh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Begitu pun Wisuda adalah tolak ukur Mahasiswa yang sudah selsai di stara S1 maupun S2 keberhasilan di bidang akademik.

Poin penting yang harus kita ketahui membanggakan Orang tua. Mungkin tidak bisa semuanya membalas pemberian orang tua minimal kita yang kuliah menyelesaikannya. Saya rasa tidak ada satupun orang tua yang berkuliah tidak senang atau bangga dengan anaknya wisuda. Perjuangan memang tidak mudah di jalankan bagi Mahasiswa yang kuliah tetapi dengan penuh rasa juang Kedua orang tua menjadi modal berharga sampai akhirnya saya selesai.

Berusaha mendapatkan gelar dan Mencari Ilmu yang bermanfaat memang sulit tetapi dengan tekad dan semangat InsyaAllah semuanya akan tercapai tergantung niat pada diri kita.

Dari wisuda ada tugas penting yang harus di jaga. Begitulah bagi wisudawan muda Pertanggung jawaban ilmunya. Karena kita akan mengalami tantangan di masyarakat baik dari segi Etika, moral dan yang lainya. Hal itupun tidak bisa pungkiri hanya saja menikmati proses kehidupan tanpa menghilangkan Inovasi dan kreativitas kita masing-masing.

Saya ingin berbagi kepada seluruh Wisudawan muda mari sama-sama mengasah Softskill. Selanjutnya, wisudawan muda jangan terlalu berharap dari pekerjaan orang lain. Sebisa mungkin kita berusaha bahkan lebih baik lagi, bagi wisudawan muda menciptakan lapangan kerja sendiri. Selaku Insan Akademis ide cemerlang akan terlahir dengan adanya rasa semangat tanpa bermalas-malasan.

Jangan terlalu berfikir kita semua tidak mendapatkan pekerjaan. Berdoalah, niscaya Allah akan memberikan rezeki masing- masing tergantung Ikhtiar kita. Rezeki memang sudah ada yang ngatur tawakal saja lah sob.

Baca Juga:  Dongeng Kopi Yang Mengusut

Wujud rasa bahagiamu terhadap pencapaian terhadap apa yang kita capai. inspirasi wisuda memiliki rasa semangat baru. Ketika wisuda pasti akan melalui transisi untuk memasuki dunia nyata. Nikmati saja Hidup dengan menjaga Intitut kita dimasyarakat dan menawarkan ide yang baik untuk kemajuan daerahnya.

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nisa ayat 66 yang artinya: “Dan sesungguhnya kalau mereka mengamalkan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan mereka.”

Dari keterangan ayat diatas memberikan pemahaman kepada kita tetap jaga Ilmu yang kita dapatkan Insyaallah kita akan selalu kuat dengan apa yang kita capai.

Saya hanya berpesan kepada diri sendiri dan teman-teman wisudawan muda kita dituntut untuk menjadi insan pencipta karya memberikan kemaslahatan bagi umat, Mengabdi semampu kita di masyarakat karena semuanya tanggung jawab peran pemuda.

Jangan lupa bersyukur apa yang telah kita peroleh gelar saat ini. Ikhlaskan saja yang belum kita dapat dan  jangan kita pupus harapan yang belum kita capai terus belajar dan belajar.

“Cara terbaik untuk memprediksi masa depanmu adalah dengan menciptakannya.” (Abraham Lincoln)