Dutasiber X Kominfo Mengedukasi Masyarakat Sampai Kepeosok

BeritaBorneo.id – Kejahatan yang memanfaatkan data pribadi tentunya tidak bisa di tolerir sehingga perlu perlindungan terhadap data tersebut, Akan tetapi banyak masyarakat yang belum paham akan pentingnya data pribadi tersebut sehingga tidak menyadari bahwa data pribadi rawan disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab tersebut.

Dutasiber bersama Kominfo melalui literasi digital mengedukasi masyarakat dengan memberi peatihan mengenai empat kurikulum dasar, yakni digital skill, digital ethics, digital safety dan digital culture.

Maryadi Sirat, Kordinator Wilayah Duta Siber Kalimantan Barat mengatakan bahwa masyarakat di era digital seperti saat ini cenderung senang menghabiskan waktunya di dunia digital dengan gemar selalu berbagi dan berinteraksi sehingga lupa bahwa ada yang memanfaat data diri kita tanpa kita sadari.

“Tentu hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan bahwa penggunaan platform digital sebaiknya bisa saling melindungi baik perlindungan data diri kita maupun orang lain,” Katanya.

“Dan saya melihat Kominfo menjawab tantangan tersebut dengan selalu berkomitmen melindungi data pribadi dengan selalu melakukan edukasi literasi digital sampai kepelosok sebagai komitmen agar masyarakat mendapat edukasi tentang bahaya kebocoran data pribadi pada dunia digital, sehingga bisa berhati-hati dalam menggunakan NIK,” Lanjutnya.

Dengan memberikan pelatihan mengenai empat kurikulum dasar tersebut diharapkan dapat menjadi langkah jangka panjang yang amat sangat penting yang menjadi trobosan kominfo saat ini, selain harus mempersiapkan model, sistem, dan pilihan teknologi enkripsi yang kuat. Tentu hal itu adalah komitmen yang kuat dari pemerintah khususnya kementerian Kominfo RI sebagai wujud perlindungan data pribadi.

“Maka dari itu, baiknya perlindungan data pribadi kita tidak hanya bergantung terhadap peran pemerintah semata, akan tetapi perlindungan data pribadi juga bisa dimulai dari memperkuat komitmen dari diri kita sendiri dengan selalu berhati-hati dalam menggunakan data pribadi kita,” Tutupnya.

(***)