Berita  

Edukasi tentang Pemilu, HMI BADKO KALBAR Gelar Diskusi Demokrasi 

Kalbar, Beritaborneo.id Jumat (14/12/2022). Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kalimantan Barat mengelarkan webinar dengan tema “Proyeksi Penyelangaraan Pemilu 2024, Prosfek dan Tantangannya”. Pemateri dalam webinar ini yaitu, Ishak Ali Al Mutahar selaku Sekretaris Komisi 1 DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Peneliti Saiful Murjani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan barat Ramdhan serta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Barat.

Abdul Muiz selaku Ketua Umum HMI Badko Kalimantan Barat dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan bahwasanya.

“Kader HMI selaku kader umat dan kader bangsa harus hadir memberikan edukasi dan pencerahan demi kebaikan bangsa dan negara tercinta,” Ujar Abdul Muis.

Ia Juga menambahkan Konstestasi 2024 merupakan gawai seluruh rakyat Indonesia khususnya Kalimantan Barat, webinar ini adalah wujud ikhtiar Badko HMI Kalimantan Barat hadir mengawal demokrasi dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang ahli sesuai tema yang diangkat.

Pamflet Diskusi Demokrasi. (Dok. Istimewa).

Ishak Ali Al Mutahar menyampaikan, perlunya peran semua pihak terkait yaitu KPU dan Bawaslu serta seluruh stekholder terkait agar lebih proaktif. Serta beliau menyarankan agar dalam pemilu 2024 nanti penyelengara memperbanyak jumlah TPS agar pemilihan lebih optimal dan menaikan partisipasi pemilihan.

Said Ahmad selaku Peneliti SMRC dalam materinya menyampaikan data tentang pemilu 2024, yang merupakan pemilu terbesar dalam sejarah. Berkaca dengan pemilu 2019 yang sangat banyak isu-isu yang dimainkan oleh kelompok kepentingan yang jika tidak ditanggani dengan baik bisa menjadi tantangan besar penyelengaraan pemilu 2024.

Ketua KPU Kalimantan Barat Ramadhan menyampaikan, mengenai proyeksi dan tantangan pemilu 2024 yang kompleks. Mulai dari masa kerja KPU Provinsi dan Kabupaten yang segera berakhir sedangkan proses pemilu sudah berjalan pada 2023 serta hampir separuh pemilih 2024 adalah generasi muda. KPU Kalimantan Barat sudah membuat beberapa hal salah satunya project Desa peduli pemilu dan pemilihan yang bertempat di Kubu Raya dan Mempawah.

Baca Juga:  Pentingnya Dukungan Masyarakat Muslim yang ada di Indonesia atas Palestina

“Belum meratanya pemahaman pemilu yang berintegrasi oleh seluruh stekholder terkait. Ditambah instrastruktur dibeberapa lokasi yang masih minim adalah beberapa tantangan pemilu 2024 dikalimantan barat,” pungkas Ruhermansyah dalam webinar online HMI Badko Kalimantan Barat.

Lebih lanjut, Darsono selaku Kabid PTKP Badko HMI Kalimantan Barat. HMI Badko Kalbar selalu hadir memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemilu.

“HMI Badko Kalimantan Barat akan terus hadir dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemilu dan semua yang berkaitan dengan pemilu. Karena pemilu merupakan gawai rakyat, seluruh rakyat harus ikut ambil bagian dari proses ini agar pemilu kali ini dapat mewujudkan cita-cita pendiri bangsa yaitu masyarakat adil makmur,” tutup Darsono. (Red)