Festival Cap Go Meh 2023 Singkawang, Kota Wisata dan Budaya

Suasan Cap Go Meh di kota Singkawang. (Ist)

SINGKAWANG, BERITABORNEO.ID – Perayaan Imlek 2574 dan Festival Cap Go Meh 2023 resmi dibuka di stadion Kridasana, Jumat (20/1/2023).

Kegiatan Opening Ceremony ini merupakan salah satu rangkaian Perayaan Imlek 2574 dan Festival Cap Go Meh 2023.

Adapun kegiatan lainnya, yaitu Hias Kota, Pentas Seni Budaya, Expo UMKM, Pawai Lampion dan Mobil Hias, Festival Kuliner, Ritual Cuci Jalan serta Festival Cap Go Meh 2023.

Kemudian, adapula tempat yang dapat dikunjungi oleh masyarakat untuk mengabadikan momen kebersamaan dengan berfoto bersama di Miniatur Kampung Tionghoa dan Taman Kelinci di dalam lapangan Kridasana.

Dilansir dari laman InfoPublik.id Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Majelis Seni Budaya, Para Ketua Paguyuban Multi Etnis dan Komite Seni Teratai, budayawan dan seniman yang telah bersinergi mengisi kegiatan Pentas Seni Budaya.

Ia pun menyakini perayaan ini mampu memberikan multiplier effect terutama dalam hal perekonomian daerah melalui partisipasi para pelaku UMKM Kota Singkawang.

“Ini bagian dari recharging yang menjadi titik balik bagi Kota Singkawang yang kembali menggeliat melalui berbagai event. Kota Singkawang adalah kota wisata, maka dirumuskan harus banyak event sehingga orang datang kemari untuk berbelanja, menginap di hotel dan berkunjung di berbagai objek wisata yang ada. Maka dari itu, kalender event kita harus kuat dan bertaraf internasional,” ujar Sumastro.

Sumastro pun memberikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat dan provinsi yang terus memberikan dukungan dan semangat pada setiap kegiatan yang dilakukan di Kota Singkawang.

Ia juga berharap pada tahun 2023, Kota Singkawang kembali ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan Festival Toleransi oleh Kementerian Pariwisata RI seperti yang sudah dibahas dan direncanakan sebelumnya. Sayangnya, pada tahun 2022, Festival ini tidak dapat dilakukan lantaran PPKM ketat masih berlaku.

Baca Juga:  Dandim Pontianak Perintahkan Personel Pengamanan Unras Paham Tugasnya

“Saya juga berterimakasih atas dukungan dan semangat dari pemerintah provinsi pada setiap kegiatan yang kita lakukan. Seperti halnya kalau pada tahun 2022 kemarin, tidak berlakukan PPKM yang ketat, rencananya Kota Singkawang dijadikan tempat pelaksanaan Festival Toleransi oleh Kementerian Pariwisata RI,” katanya.

Mudah-mudahan, pada tahun 2023 ini ditetapkan kembali kalender event tingkat nasional ini bagi Kota Singkawang di bidang kepariwisataan,” tambahnya. (MC Kota Singkawang/toeb)