Narasi  

Gaya Kepemimpinan Visioner dan Masa Depan Cemerlang

Beritaborneo.id Gaya kepemimpinan visioner adalah gaya kepemimpinan yang melihat visi kedepan dan mengambil suatu langkah nyata untuk mewujudkannya.

Seorang pemimpin visioner memandang masa depan dan berpikir jauh serta mampu memprediksi masa depan dengan cemerlang.

Konsekuensi kepemimpinan visioner adalah berani mengambil resiko, memiliki tanggungjawab dan selalu optimis.

Mereka menjalankan visinya secara konsisten dan selalu dikomunikasikan dengan bawahannya sehingga bisa memahami tujuan secara bersama-sama.

Setiap kita menjumpai seseorang pemimpin dan mereka bisa memberikan pandangan-pandangan positif, berpikir dan memprediksikan programnya kedepan melalui wawasan dan intelektualnya, tentu kita bisa menduga bahwa orang tersebut memang tergolong pemimpin yang visioner.

Bulan lalu saya bersama istri menemui Bupati Sumenep bapak Achmad Fauzi.

Kami diterima di Pendopo dalam acara ngopi teras.

Ketika kami ingin mengenalkan motor listrik Gesits, beliau dengan senyumnya justru bercerita kalau sudah tahu karena beliau membelinya di Jakarta ketika ada pameran. Jadi pertemuan kami dengan bapak Bupati hanya sekedar ngobrol ringan kalau beliau sudah jauh lebih paham soal motor listrik tersebut.

Pada hari ini, tanggal 24 April 2021, kami telah meresmikan dealer Motor Gesits di Sumenep. Dibawah naungan PT. Trans Maju Jaya Merdeka yang berada di Jl. Diponegoro 102 Sumenep.

Satu satunya dealer Motor Listrik Gesits yang ada di Madura. Suatu keputusan yang sangat tepat dan strategis  karena kedepannya dengan langkanya BBM, serta pertimbangan polusi udara, motor listrik menjadi alternatif.

Transportasi adalah sumber utama polusi udara di pusat kota dan pusat populasi disamping dari polusi sektor industri, pembangkit listrik tenaga batu bara, industri kimia, pertambangan dan dan penggalian.

Tingginya tingkat polusi udara berkorelasi dengan berbagai penyakit, seperti gangguan paru-paru kronis, penyakit jantung, stroke, kangker yang berimbas pada produktivitas ekonomi.

Kesemuanya itu menjadi pertimbangan penting bagi pengambilan keputusan dalam setiap kebijaksanaan baik pemerintah pusat maupun daerah demi kehidupan didepan yang lebih berkualitas. Maka melalui pertimbangan itulah seorang pemimpin masa depan akan selalu berpihak kepada kepentingan bersama yakni menjaga dan melindungi pencemaran melalui kebijaksanaan-kebijaksanaan yang mendukung setiap program positif dalam menjaga lingkungan dengan ramah.

Baca Juga:  Bangkit Perempuan Indonesia

Seorang pemimpin  visioner juga akan mempertimbangkan masa depan bangsanya dengan mendukung produk nasional dan melindungi produksi dalam negeri agar tumbuh dan berkembang dan tentu saja akan berkontribusi terhadap penghematan devisa negara.

Mereka melihat arah atau arus yang dibutuhkan masyarakatnya melalui pengamatan cerdasnya dan berani mengambil resiko akan kebijaksanaannya. Sementara seorang Entrepreneur yang memiliki pandangan kedepan, visioner akan menangkap peluang peluang yang ada bahkan dengan resiko berani mengambil langkah menentukan model bisnisnya.

Entrepreneur yang tanggap hal ini akan segera mengambil langkah melalui bisnisnya menawarkan produk-produk yang menjadi target dari kebijaksanaan oleh pemimpin visioner dalam pemerintahan.

Kolaborasi seorang pemimpin visioner dengan seorang entrepreneur yang visioner akan menghasilkan suatu change, perubahan dalam masyarakat secara cepat.

Edukasi oleh semua pihak secara bersama sama terhadap masyarakat akan mempercepat atau membentuk budaya, kebutuhan yang digemari oleh masyarakat itu sendiri.

Terlepas dari Gesits sebagai maha karya anak bangsa yang dirancang pertama oleh ITS dan diproduksi oleh PT.Wijaya Karya, perusahaan BUMN . Tidak ada alasan bagi semua instansi pemerintah untuk mendukungnya karena kapan lagi kita bisa memiliki produk andalan yang bisa digunakan bagi masyarakat kita sendiri. Hal ini disamping menjadi kebanggan kita bersama juga merupakan suatu kemajuan baik yang harus mendapat dukungan dan perhatian.

Tentu saja bukan tanpa alasan, karena penggunaan Gesits disamping ramah lingkungan juga sangat hemat biaya perawatan dan hemat biaya  pemakaian.

Edukasi diatas tentu harus didukung oleh pihak pemerintah dan dijalankan oleh para entrepreneur sebagai penyedia produk. Jika ini terjadi bukan tidak mungkin akan terbentuk suatu permintaan masyarakat sesuai dengan tujuan yang dikehendaki pihak pemerintah.

Kedepannya bahwa bisnis tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa harus mengikuti regulasi yang berlaku dan diciptakan oleh pemerintah. Regulasi yang lebih memberikan manfaat dan kebaikan orang banyak itulah menjadi trend saat sekarang dan masa yang akan datang.

Baca Juga:  Etnis Thionghoa (China), Sejarah dan Dominasi Pasar Di Indonesia

Di Sumenep-lah kota ujung Madura , sebagai percontohan sekaligus tauladan  untuk mewujudkan penggunaan Motor ramah lingkungan sebagai kebanggan kita bersama. Suatu produk yang sesuai dengan regulasi pemerintah.

Mengingat  kajian akademis dan  pengalaman yang ada  menunjukkan bahwa keberhasilan masyarakat dalam kesadarannya mewujudkan suatu lingkungan yang ramah  tentu akan ditentukan oleh pemimpinnya yang memiliki visi kedepan dengan cemerlang.

Pengaruh pemimpin sangat besar sekali dalam proses perubahan berpikir masyarakat hidup lebih berkualitas.

Saya melihat PT.Trans Maju Jaya Merdeka, dipimpin oleh anak muda Aqib Bachmid  yang menjadi pelopor sekaligus memiliki strategi berpikir cemerlang, melihat peluang, melihat masa depan kehidupan masyarakat tanpa harus berfikir profit oriented, melainkan lebih bersifat sebagai *agent of change*, merubah pola pikir masyarakat lebih hidup hemat dan ramah lingkungan. Tentu strategi ini akan terus diterapkan hingga di kabupaten Sampang, Pamekasan dan Bangkalan menjadi target market kedepannya.

Jika Anda bisa melihat masa depan melalui pandangan, wawasan, serta prediksi yang cemerlang tentu Anda tergolong orang visioner yang bukan sekedar menjadi seorang bisnis yang sukses atau menjadi seorang pemimpin yang sukses, melainkan Anda adalah salah satu orang yang bisa berkontribusi positif terhadap perbaikan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Kita sudah saksikan bagaimana Presiden Jokowi telah mencoba memakai Motor Listrik Gesits. Bahkan Gubernur Sultra  Ali Mazi pun yang gemuk itu dengan gesitnya mengendarai motor listrik dengan senang. Saya sudah menyaksikan pula bapak Bupati Sumenep Achmad Fauzi test ride  motor listrik Gesits. Saatnya Anda semua memilikinya dan menggunakannya.

Penulis : Dr.Ongky Setio Kuncono, SH,SE,MM,MBA (Dosen STIE ABI Surabaya)

Pemimpin Visioner dan Motor GESITS

Penulis: OngkyEditor: Hed