Gelar Seminar Kebangsaan, Ketua HMBSI IKIP PGRI Pontianak : Bahasa Indonesia Bukan Hanya Sekedar Alat Komunikasi

Gelar Seminar Kebangsaan, Ketua HMBSI IKIP PGRI Pontianak : Bahasa Indonesia Bukan Hanya Sekedar Alat Komunikasi. (Dok. Beritaborneo.id)

Pontianak, Beritaborneo.id Himpunan Mahasiswa Bahasa & Sastra Indonesia (HMBSI) IKIP PGRI Pontianak menyelenggarakan kegiatan Seminar Kebangsaan. Kegiatan ini mengangkat tema “Menjunjung Tinggi Jiwa Nasionalisme Dengan Melestarikan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Aula Rektorat Lantai 3 IKIP PGRI Pontianak Senin, (13/6).

Ketua Umum HMBSI IKIP PGRI Pontianak Sandra Icha Pardila mengatakan jika kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menegaskan bahwa, salah satu cara menjunjung tinggi jiwa nasionalisme adalah dengan mencintai mencintai bahasa dan sastra Indonesia.

“Bahasa Indonesia bukan hanya sebagai alat komunikasi, namun juga sebagai pemersatu bangsa. Memahami serta melestarikan bahasa Indonesia adalah wujud semangat nasionalisme”. Paparnya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak, Muhammad Lahir, M. Pd. Beliau sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.

“Harapan kami ke depan, literasi kebahasaan dan kesusastraan menjadi ujung tombak dalam menguatkan persatuan dan kesatuan. Tidak bisa kita pungkiri peran para sastrawan dalam menyampaikan narasi-narasi kemerdekaan salah satunya dengan media bahasa dan sastra,” Jelasnya.

Seminar Kebangsaan ini menghadirkan narasumber Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Heri Mustamin, SH. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Dekan I Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni serta Ketua dan Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Seminar ini dikhususkan untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan dilaksanakan secara hybride.

“Tentu harapan kami mahasiswa PBSI dapat memahami bahwa mereka adalah generasi yang sebetulnya dengan keahlian di Bidang Bahasa dan Sastra dapat menjadi garda terdepan dalam menumbuhkan semangat kebangsaan dalam bingkai persatuan,” Tutup Sandra Icha.

(Hsi)

Baca Juga:  Personil TNI Semangati Siswa SD Imunisasi Campak Rubella