Gudep Pandara Gelar Musyawarah Ambalan

Pontianak, Beritaborneo.id — Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Apang Semangai 03.017 dan Dara Juanti 03.018 (Pandara) pangkalan SMA Negeri 5 Pontianak melaksanakan Musyawarah Ambalan, Sabtu (12/3/2022).

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 SMA Negeri 5 Pontianak, Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Pontianak Utara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pembina, dewan ambalan, anggota penegak, calon penegak, serta purna ambalan Apang Semangai-Dara Juanti (Pandara).

 

Adapun terkait agenda tersebut, di antaranya: pembukaan, pembahasan tata tertib, laporan pertanggung jawaban, sidang komisi, pemilihan dewan ambalan, serta penutupan.

 

Ketua panitia, Kak Anggita, saat dikonfirmasi terkait tujuan musyawarah ambalan, ia menyampaikan, “tujuan dari musyawarah ambalan ini agar dapat menyatukan perbedaan pendapat dan menumbuhkan rasa kebersamaan. Dari adanya musyawarah ambalan ini masalah-masalah dapat segera terpecahkan dan hasil keputusan diambil dari semua pihak,” ungkapnya.

 

Kak Sugiarto selaku pembina putra menyampaikan pandangannya mengenai musyawarah ambalan, “Musyawarah ambalan ini sebagai wahana berdiskusi tentang merumuskan program kerja, mengevaluasi program kerja, mempertanggungjawabkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan. Sebenarnya ini merupakan media atau salah satu alat untuk mempertanggungjawabkan, bersosialisasi, dan berdiskusi,”ujarnya.

 

Selanjutnya Kak Sugiarto menyampaikan bahwa musyawarah ambalan dapat menjadi media belajar bagi penegak dalam menjalankan roda organisasi serta berharap dapat terlaksana setiap tahun.

 

“Di situ para penegak belajar untuk mengelola organisasi, mulai dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, dan mempertanggungjawabkan. Jadi ini sebenarnya merupakan cara yang sangat bagus dan mudah-mudahan bisa terus dilaksanakan setiap tahun pergantian ambalan serta menjadi bekal bagi seluruh anggota dalam menjalankan roda organisasi,” kata Kak Sugiarto.

 

Salain itu, Kak Elda Kasih selaku pembina putri juga berharap musyawarah ambalan dapat dilaksanakan setiap tahun dan didukung pihak sekolah.

 

“Untuk musyawarah ambalan kita tahun 2022 ini, alhamdulillah setelah pandemi kemarin sempat tidak bisa dan sekarang sudah terlaksana. Mudah-mudahan ke depannya bisa diadakan tiap tahun tanpa kendala dari pihak sekolah. Jadi semua unsur sekolah bisa mendukung,” ungkap Kak Elda Kasih.

 

Lebih lanjut, Kak Elda Kasih mengungkapkan, “dan ke depannya jika memang mungkin, dari musyawarah ambalan tersusun program-program kerja yang bisa direalisasikan paling tidak 80% dan didukung pihak sekolah,” ujarnya.

 

(Tauvan)