Halal Bihalal MWC NU Bengkayang Dalam Penguatan Moderasi Beragama

MWC NU Bengkayang

Bengkayang, Beritaborneo.id – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang gelar Halal Bi Halal dengan tema “Mengeratkan Silaturahmi dan Memperkokoh Nilai-Nilai Aqidah Aswaja An-Nahdliyah”, di Kantor KUA Kecamatan Seluas. Sabtu, (21/5).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PCNU Kabupaten Bengkayang H.Damsir, S.Ag, Ketua MWCNU Kecamatan Seluas Suwarno, ES, Camat Seluas Ibu Radit. S. Sos ., Ketua PAC Muslimat NU Seluas, Nuar’aini, S.Ag serta KH Farkhan Rafiq Selaku penceramah.

Dalam sambutannya Ibu Camat Seluas Radit menyampaikan bahwa momentum halal bihalal MWCNU Kecamatan Seluas semakin memperkuat silaturrahim diantara warga Kecamatan Seluas.

Dirinya menyampaikan bahwa keterlibatan aktif masyarakat sangat diperlukan dalam rangka pembangunan di seluas mengingat Kecamatan seluas masih relatif tertinggal khususnya dalam bidang infrastruktur.

Dia juga mengajak masyarakat Kecamatan Seluas untuk terus mematuhi protokol kesehatan mengingat pandemi masih belum berakhir. Dirinya memastikan bahwa masyarakat seluas seluruhnya sudah mendapatkan vaksin Booster.

Senada dengan itu, H.Damsir,S.Ag mengapresiasi kegiatan halal bihalal yang dilaksanakan oleh MWCNU Kecamatan Seluas dalam upaya membangun solidaritas.

“Sebagaimana kata ulama, Kebaikan yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh kejahatan yang terorganisasi. Jadi jika kebaikan tidak ingin disingkirkan oleh kejahatan maka harus dilakukan secara kompak, solid dan sistematis.” Ujarnya yang juga merupakan Kepala Kemenag Kabupaten Bengkayang ini.

Dirinya juga menyampaikan bahwa tahun ini merupakan Tahun Toleransi sebagaimana yang akan dicanangkan oleh kementrian Agama di bulan Agustus mendatang. Hal ini diperlukan dalam upaya menjadikan penguatan moderasi beragama sebagai instrumen dalam upaya mengelola kemajemukan masyarakat dan Bangsa Indonesia.

“Moderasi beragama memuat sikap adil, berimbang, serta memilih jalan tengah dalam beragama. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang dipraktikkan warga Nahdiyin dalam menjalan perintah agama dan menyebarkan keselamatan dan kedamaian,” tambahnya.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Akan Mulai Pengetatan PPKM Skala Mikro 14 Juni

Ia mengajak masyarakat Kecamatan Seluas untuk terus menjaga kehidupan keberagamaan yang menyejukkan dan mendamaikan Apalagi warga NU punya tugas dan kewajiban yakni menjaga agama dan negara sebagai satu tarikan nafas.

KH Farkhan Rofiq dalam mau’idzhoh Hasanahnya mengajak seluruh warga NU Kecamatan Seluas untuk menyambung serta mempererat silaturrahim dalam rangka mensucikan berbagai ibadah yang sudah dilakukan termasuk puasa.

“Puasa merupakan hubungan kita dengan Allah SWT sedangkan dalam rangka menjaga hubungan antar manusia adalah salah satunya melalui Silaturrahim. Dalam masyarakat Indonesia kita kenal tradisi Halal Bihalal sebagai sarana memperkuat silaturrahim antar komponen bangsa,” ujar Katib Syuriah PCNU Bengkayang ini.