Hari AIDS Sedunia 1 Desember: Pesan Penting Untuk Tahun Ini

Peringatan Hari AIDS Sedunia
BeritaBorneo.id – Hari AIDS Sedunia adalah sebuah peringatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang wabah penyakit AIDS yang diakibatkan oleh virus HIV. Hari AIDS Sedunia sendiri diperingati setiap 1 Desember.AIDS sendiri adalah kependekan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Di mana penyakit AIDS ni adalah sebuah infeksi atau kumpulan gejala sindrom yang muncul akibat rusaknya sistem kekebalan tubuh. Melemahnya sistem kekebalan tubuh ini diakibatkan karena infeksi dari virus HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Penyakit AIDS ini termasuk ke dalam golongan penyakit yang mematikan. Yang mana hingga hari ini belum terdapat hasil yang teruji klinis mengenai obat atau vaksin yang dapat menyembuhkan AIDS. Maka dari itu, cara terbaik agar tidak terjangkit AIDS ini adalah dengan mencegah penyebaran virus HIV itu sendiri.

 

Kapan Pertama Kali Peringatan Hari AIDS Sedunia?

Mengutip dari NPR, penggagas dari peringatan Hari AIDS pertama kali adalah W. Bunn dan Thomas Netter pada tahun 1987. Di mana keduanya merupakan petugas informasi publik pada Program Global AIDS WHO di Swiss.

Ide Bunn dan Netter tersebut disampaikan kepada Dr. Jonathan Mann, yang pada saat itu menjabat sebagai Direktur Program AIDS Global yang saat ini lebih dikenal dengan UNAIDS. Ide tersebut ternyata diterima baik oleh Mann dan menyetujui usulan dari Bunn dan Netter. Hingga pada akhirnya peringatan Hari AIDS sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 1 Desember 1988.

Baca Juga:  Tetap Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa, Ini 5 Tips Sehat Berpuasa Ditengah Pandemi

 

Tema Peringatan Hari AIDS Sedunia 2021

Hingga saat ini, WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa virus HIV masih menjadi masalah utama masyarakat global. Meski terdapat kemajuan yang cukup signifikan, namun kesehatan masih memiliki banyak masalah lain hingga saat ini.

Ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung dan meningkatkan krisis ekonomi menyebabkan segala pengujian, pelayanan, pengobatan, serta perawatan HIV menjadi terganggu. Terutama pada negara-negara yang saat ini masih memiliki sistem kesehatan yang rapuh.

Pada 1 Desember WHO menyerukan untuk seluruh pemimpin di seluruh dunia dan setiap warga negaranya agar dapat bersatu dalam menghadapi ketidaksetaraan pada layanan HIV/AIDS. Serta dapat menjangkau masyarakat yang terbelakang yang tidak dapat menerima layanan HIV dengan layak.

Maka dari itu, adapun tema peringatan Hari AIDS Sedunia yang akan berlangsung pada tanggal 1 Desember 2021 adalah “Akhiri Ketidaksetaraan, Akhiri AIDS”. Di mana tema tersebut akan berfokus untuk dapat menjangkau masyarakat yang terbelakang dan menerima layanan yang lebih layak.

 

Pesan Penting Untuk Peringatan Hari AIDS Sedunia 2021

Terdapat poin-poin penting yang ingin disampaikan pada tema Hari AIDS Sedunia 2021. Diantaranya, pesan-pesan tersebut adalah:

 

1. Berkomitmen Dalam Mengakhiri HIV AIDS

Ketidaksetaraan yang terjadi secara terus-menerus, ditambah dengan adanya bahaya pandemi Covid-19 yang belum ada titik ujungnya membuat kesehatan manusia di dunia terancam. Kampanye ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat lebih berhati-hati demi mengakhiri penyakit AIDS di tahun 2030.

 

2. Atasi Covid-19 dan HIV Bersama-sama

Kasus pandemi Covid-19 belum menemukan titik terang. Selain bahaya Covid-19 yang harus dihadapi, manusia di seluruh dunia juga masih dihadapkan dengan tantangan penyakit HIV AIDS yang dapat menyerang siapa saja. Maka dari itu di peringatan Hari AIDS Sedunia ini kita juga perlu waspada agar virus Covid-19 dan HIV tidak semakin menyebar dan menyebabkan kematian.

Baca Juga:  Jokowi: Kesehatan Warga Lebih Penting Ketimbang Ekonomi

 

3. Fokus Pada Kesetaraan

Kalimat pertama pada tema peringatan Hari AIDS Sedunia kali ini adalah Akhiri Ketidaksetaraan. Kampanye ini memastikan agar setiap orang dapat memiliki akses yang sama dalam pencegahan, pengujian, pengobatan, serta perawatan penyakit AIDS. Akses yang sama ini juga berlaku untuk vaksinasi dan layanan Covid-19.

 

4. Meningkatkan Kewaspadaan HIV AIDS

Pada kampanye Hari Aids Sedunia, WHO ingin warga negara yang masih kurang waspada terhadap AIDS agar segera membuka mata terhadap bahaya HIV. Penyebaran kampanye ini akan dilakukan di seluruh dunia. Terkhusus pada negara-negara yang masih beresiko tinggi akan penyebaran penyakit AIDS ini.

 

Tahun ini Hari AIDS Sedunia mengusung tema “Akhiri Ketidaksetaraan, Akhiri AIDS.”