kartini

Koramil 1207-02/ Pontianak Selatan Beserta Tim Amankan pelaku pembakaran Lahan

  • Bagikan

Pontianak, Beritaborneo.id – Anggota Koramil 1207-02/pontianak Selatan dan Tim Posko Terpadu Sepakat 2, telah melaksanakan Patroli dan Monitoring terkait perkembangan situasi Karhutla di Wilayah Kota Pontianak Provinsi Kalbar.

Anggota Koramil 1207-02/Pontianak Selatan dan tim terpadu melaksanakan kegiatan ambush di sekitaran wilayah Jl. Sepakat 2 Ujung Kel. Bansir Darat Kec. Pontianak Tenggara Kota Pontianak pad hari Kamis Tanggal 11 Maret 2021 pukul 22.30 Wib.

Dari hasil laporan Anggota Koramil 1207-02 Telah diamankan pelaku pembakaran Lahan di Lokasi yang sengaja dibakar oleh pelaku di Jln. Sepakat 2 ujung, Kel. Bansir darat, Kec. Pontianak tenggara Kota Pontianak. (Co S-0° 4’2″ L E 109° 20′).

Adapun identitas pelaku Identitas M Usia 53 Thn Beralamat Melayu Bugis Jl. Sepakat II Pontianak Tenggara.

Selanjutnya, Lahan yang sudah dibakar berada Jalan Sepakat II Ujung Kel. Bansir Darat Kec. Pontianak Tenggara Kota Pontianak merupakan Lahan milik Pribadi. Api sudah sempat terbakar dan sudah dapat dipadamkan oleh anggota Koramil 1207-02/Ponsel dan Tim Terpadu di lapangan dengan menggunakan alat yang terbatas.

Kemudian, motif pembakaran lahan tersebut setelah didapatkan keterangan dari M adalah untuk berkebun karena lahan miliknya luas sehingga cara yang cepat adalah dengan cara dibakar.

Pada hari Kamis tanggal 11 Maret 2021 pukul 19.20 Wib dilaksanakan kegiatan patroli oleh anggota Koramil 1207-02/Ponsel dan tim terpadu disekitaran wilayah Jl. Sepakat 2 ujung Kel. Bansir darat Kec. Pontianak Tenggara Kota Pontianak, saat tim terpadu melaksakan patroli di wilayah tersebut diperoleh informasi bahwa saat ini tidak turun hujan sehingga sangat besar kemungkinan terjadi kerawanan untuk pembakaran lahan karena kondisi lahan gambut yang sudah mulai mengering.

Berdasarkan informasi tersebut, anggota koramil 1207-02/Ponsel dan tim terpadu melaksanakan kegiatan patroli dan ambush di lahan yang rawan terbakar atau sengaja akan dibakar.

Pada pukul 22.35 Wib anggota koramil 1207-02/Ponsel dan tim terpadu melihat adanya api dan langsung menuju ke titik api tersebut, ternyata titik api tersebut berada di lahan milik Bapak Musa dan mendapati pelaku sedang berusaha menyalakan api.

“Pukul 22.40 Wib anggota koramil 1207-02/Ponsel dan tim terpadu mengamankan pelaku pembakaran dari lahan tersebut atas nama Bapak Musa dan lahan tersebut merupakan lahan pribadi milik bapak Musa sendiri seluas ± 2 Ha, yang menurut pengakuan Bapak Musa bahwa yang bersangkutan melakukan pembakaran lahan miliknya adalah untuk berkebun,” Jelas Serda Yasin Anggota Koramil 02 Pontianak Selatan.

Sementara, saat ini pelaku diamankan di Posko Terpadu Karhutla di Jl. Sepakat 2.

Serda Yasin menambahkan M melakukan pembakaran atas kehendak sendiri di lahan miliknya pribadi serta bertujuan untuk berkebun (menanam tebu). M mengakui telah melakukan pembakaran dengan media korek api yang sengaja di bawa dari rumahnya.

M tidak mengindahkan himbauan yang disampaikan oleh personel tim terpadu untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

(Red)

Sumber: Pendim 1207/02.

  • Bagikan
Ini terletak pada bagian bawah halaman, sebelum footer