IKA PMII Kalbar Gelar Halal Bihalal, Silaturahmi dan Merajut Ukhuwah

Pontianak, Beritaborneo.id – Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Halal Bihalal dan Sarasehan bersama 3 Guru Besar Pergerakan. Sabtu, 11/6 Malam bertempat di Ballroom Garuda Hotel Pontianak.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum IKA-PMII Kalbar sahabat Suib, S.E, M.Si, Ketua DPW PKB Kalbar Mukyadi Tawik, ME, Kabag Tata Usaha Kementerian Agama Provinsi Kalbar H. Kaharudin, S.Ag, para alumni yang lain, serta spesial dihadiri 3 Guru Besar IAIN Pontianak yakni Prof. Dr. H. Zaenudin H. Prasojo, MA, MA, Prof. Dr. Ibrahim, MA, serta Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M.Ag.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IKA-PMII Kalbar Suib menyambut dan mengapresiasi kehadiran 3 Guru Besar yang juga merupakan alumni PMII.

“Kita patut berbangga karena memiliki 3 Guru Besar yang ketiga-tiganya merupakan alumni dari PMII dan menjadi Profesor di IAIN Pontianak. Ini merupakan suatu hal yang harus disyukuri serta dapat menjadi motivasi bagi para kader untuk bisa sukses dalam karir seperti beliau-beliau ini”, ujar Anggota DPRD Provinsi Kalbar ini.

Ia mengatakan bahwa melalui kegiatan Halal Bihalal dan Sarasehan kali ini mampu merajut ukhuwah (persatuan) dan silaturrahim diantara sesama warga dan kader pergerakan baik yang senior maupun junior.

Dirinya juga berharap melalui pertemuan seperti ini mampu membawa IKA-PMII Kalbar berkontribusi lebih dalam berbagai sektor kepemimpinan disetiap tingkatan dan level.

Dalam sesi sarasehan, Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M.Ag mengaku sangat senang menghadiri pertemuan malam ini karena merasa dipersatukan dalam satu ruh pergerakan. Ia menyampaikan bahwa salah satu kiat keberhasilan mencapai sesuatu adalah memiliki upaya untuk terus bersungguh-sungguh.

“Hal ini sering saya sampaikan kepada adik-adik bahwa Man Jadda Wajada yang maknanya adalah barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapat. Oleh karena itulah nama Wajidi diambil dari sana. Perkataan itu bermakna perlunya kesungguhan dan tidak cukup hanya sekedar kemauan yang nantinya dari kesungguhan tersebut kelak menjadi tolak ukur dalam mencapai apa yang kita cita-citakan”, ujar Guru Besar dalam bidang Ilmu Hadist ini.

Baca Juga:  Halal Bihalal MWC NU Bengkayang Dalam Penguatan Moderasi Beragama

Beliau juga menyampaikan bahwa penting sebagai seorang kader untuk terus memiliki rasa percaya diri untuk mendapatkan sesuatu. Kepercayaan diri itu menurutnya harus diiringi dengan kerja keras dan kesungguhan. Inilah merupakan substansi dari makna pergerakan.

Senada dengan itu, Prof. Dr. H. Zaenudin H. Prasojo, MA, MA menyampaikan perlunya afirmasi serta percepatan potensi kader-kader muda PMII sehingga bisa melampaui apa yang sudah dicapai oleh para Guru Besar.

“Kami para akademisi dikampus ditugaskan untuk mencetak kader-kader generasi masa depan. Mari kita bersatu dan sinergi dalam mengelola berbagai potensi yang dimiliki oleh PMII”, ujar Guru Besar bidabg ilmu Studi Agama-agama IAIN Pontianak ini.

Ia juga mengajak para alumni dan kader PMII untuk berani keluar dari pakem untuk mencapai keberhasilan.

Prof. Dr. Ibrahim, MA juga berbagi pengalaman sebagai salah seorang anak kampung dari pedalaman Kalimantan Barat yang menjadi Profesor di kemudian hari. Ia menyampaikan bahwa siapapun dan dari latar belakang apapun termasuk anak kampung memiliki potensi dan kesempatan yang sama dalam meraih apa yang diinginkan.

“Kunci mencapai sebuah keberhasilan adalah jangan pernah untuk berhenti bergerak dan berjuang karena bergerak dan berjuang merupakan bagian dari kehidupan”, ujar Prof. Baim

Ia juga memberi semangat bahwa PMII salah satu hal yang memberikan sumbangsih dalam kehidupannya termasuk dalam pengembangan karir akademik melalui forum-forum diskusi kecil. Termasuk ketika mengantarkannya sebagai Presiden Mahasiswa BEM STAIN Pontianak pertama di tahun 1999-2000.

Para alumni dan kader pergerakan se Kalbar berbangga hati dan penuh rasa syukur mengikuti kegiatan halal bihalal dan sarasehan tersebut, terlihat hadirin antusias mengikuti rangkaian acara tersebut hingga usai tengah malam.

Baca Juga:  Lantik PW IPPNU Kalbar, Ketum PP : IPPNU Hadir Untuk Pelajar Yang Siap Di Segala Bidang

 

(***)