Berita  

Jaga Imun Tubuh, Personel Kodim 1207/Pontianak Laksanakan Gowes Bersama

Jaga Imun Tubuh, Personel Kodim 1207/Pontianak Laksanakan Gowes Bersama

Pontianak, Beritaborneo.id – Untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar di masa pandemi covid-19 ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 1207/Pontianak melaksanakan kegiatan Gowes bersama dengan anggota Prajurit Kodim 1207/Ptk, dan kegiatan Gowes bersama dilaksanakan dengan melalui route Start di Makodim 1207/Ptk – Jl. A Yani 1 – Jl. A Yani 2 – Depan Kodam XII/Tpr – Jembatan Kapuas 2 – Jl. Tanjung Raya 2 – Jl. Tanjung Raya 1 – Jembatan Kapuas 1 – Jl. Gajah Mada – Jl. Supratman – Finis di Makodim 1207/Ptk. Selasa, (28/12/2021).

Gowes bersama kali ini mengambil start dan finis di Makodim 1207/Ptk dengan menempuh jarak kurang lebih 20 Km. Kegiatan gowes dimulai pukul 06.15 Wib dan diawali dengan pengecekan kesehatan dan dilanjutkan dengan senam pemanasan.

Saat melaksanakan gowes bersama, Kepala Staf (Kasdim) 1207/Ptk Letkol Arm Moch Rofiq, mengatakan, “Berbagai macam hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan imunitas saat pandemi seperti sekarang ini, mulai dari upaya pencegahan dengan penegakan protokol kesehatan dan olahraga.”

“Dengan kegiatan gowes bersama ini, seluruh Prajurit Kodim 1207/Ptk akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus. Pertama, kesehatan tubuh terjaga sehingga kekebalan tubuh meningkat. Kedua, kegiatan ini akan memupuk kebersamaan antar anggota, sehingga dapat memperkuat soliditas dan solidaritas anggota Kodim 1207/Ptk,” Ujar Kasdim setelah pelaksanaan kegiatan Gowes bersama.

“Gowes yang dilaksanakan bersama anggota ini bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan menjaga kebugaran tubuh. kita berharap agar kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan, karena dengan berolahraga secara rutin kekebalan tubuh dapat terjaga, sehingga dapat terhindar dari wabah Covid-19,” Ucap Kasdim

Sementara itu Dandim 1207/Ptk Kolonel Inf Jajang Kurniawan, mengatakan, Kegiatan gowes bersama tersebut, merupakan bagian dari perintah Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yaitu untuk melaksanakan olahraga sebelum mulai bekerja, selain itu juga untuk menjaga kebugaran tubuh serta menjaga silaturrahmi antar anggota dan pimpinan.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 04/Pontianak Timur, Bagi-bagi Takjil dan Masker Pada Masyarakat

“Kegiatan ini merupakan ajang untuk mempererat silaturahmi, serta menjaga stamina dan kebugaran tubuh agar selalu fit dalam menjalankan tugas sehari-hari,” Ucap Dandim.

Lanjut Dandim menyampaikan, banyak sekali manfaat olahraga bersepeda, atau yang lebih dikenal dengan Gowes, selain untuk menyehatkan badan juga dapat meningkatkan fungsi tubuh seperti memperkuat otot-otot dan persendian serta dapat mengurangi Stres dan Depresi.

“Dengan bersepeda dapat menurunkan berat badan, karena gowes yang dilakukan secara rutin dapat membakar kalori, lemak dalam tubuh, dan menurunkan berat badan. Tidak usah lama-lama, cukup 60 menit setiap hari, karena bersepeda dapat membakar lemak,” Imbuhnya

“Gowes bisa jadi pilihan untuk meningkatkan ketahanan/imunitas tubuh untuk melawan virus Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” Tandasnya.(*)