Jaringan Rumah Diskusi Kalbar Sambut Hari Kartini Dengan Pertunjukan Kolaborasi Seni

Jaringan Rumah Diskusi Kalbar Sambut Hari Kartini Dengan Pertunjukan Kolaborasi Seni

Pontianak, Beritaborneo.id Jaringan rumah diskusi gelar pertujukan kolaborasi  seni sekaligus diskusi hari kartini dilaksanakan di Weng Coffe Jalan Danau Sentarum, Kota Pontianak untuk mengedukasi kalangan muda tehadap permasalah sexsual dan gender dalam berbangsa dan bernegara. Rabu (20/4/2022) – Malam.

Pertujukan Kolaborasi seni ini bertujuan untuk menyuarakan dan menyalurkan ekspersikan sebagai respon bagaimana perempuan sangat di diskreditkan dan sangat di anggap rendah.

Pemantik di acara ini dihadiri oleh Urai Emma Yaniaries (Ketua PA GMNI) dan Zakaria Pangaridwan (Pegiat Seni). Lebih dari 70 anak muda yang bergabung dalam acara ini dari berbagai organisasi,komunitas, dan mahasiswa/i Perguruan Tinggi di Kota Pontianak.

Dalam diskusi berlangsung, Ketua PA GMNI, mengapresiasi kegiatan yang di gelar oleh Jaringan Rumah Diskusi. ia juga mengatakan bahwa Semangat kartini haruslah di tangkap karena dia sudah mendobrak dan melawan diskriminasi terhadap hak-hak perempuan pada zamannya.

Kemudian, semangat itulah harus juga kita tularkan terus menerus ke generasi berikutnya terutama perempuan.

“Kartini juga dapat memotivasi kita agar dapat meningkatkan intelektual kemudian  menyampaikan ide-ide dan gagasan yang tentunya bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya

Mahrus agustian, Ketua Jaringan Rumah Diskusi, besar berharap lewat kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat  terkhususnya kalangan muda, untuk dapat memahami permasalahan sex dan gender di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“kehadiran gerakan-gerakan gender bukanlah bergerak untuk saling mendominasi, melainkan sebuah gagasan agar pria dan wanita bisa saling berkolaborasi tanpa ada diskriminasi gender,” kata Mahrus.

Mahrus Agustian berpesan, agar perempuan Indonesia lebih dapat merdeka dan berdikari tanpa harus takut akan stereotype budaya patriarki yang sudah usang. Perempuan harus bisa berkarya dan mengisi cita-cita kemerdekaan bangsa ini.

Red