Kentut Menandakan Tubuh Sehat dan Asal Muasalnya

Sumber: Faktapers.id

Beritaborneo.id – Kentut atau buang angin merupakan salah satu yang biasa dilakukan oleh manusia. Seseorang kentut menandakan bahwa tubuh tersebut sehat.

Apakah ketika seseorang tidak kentut menunjukan tubuhnya tidak sehat? Tentu saja tidak sehat. Tidak sehat karena saluran perncernaannya tidak berfungsi dengan baik.

Kenapa manusia harus kentut? Kentut merupakan udara yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Masuknya udara tersebut dari berbagai aktifitas yang sering dilakukan oleh manusia. Mulai dari saat bicara, makan, menghidup udara dan lain sebagainya.

Udara yang tertumpuk ke dalam tubuh manusia, menjadi berkumpul dan menumpuk. Sehingga menyebabkan penumpukan gass.

Dikutip dari kaompas.com, udara atau gas yang masuk ke dalam tubuh kita ada berbagai macam jenisnya, salah satunya nitrogen dan oksigen.

Bertumpuknya gas hydrogen dan karbon dioksida yang secara alami dihasilkan dari dalam tubuh kita. Dari berbagai kombinasi gas yang terkumpul tersebut, ada gas yang diserap oleh tubuh dan ada juga gas yang berbahaya dan tidak mampu diserap oleh tubuh.

Gas yang berbahaya dan tidak bisa diserap tubuh tersebut secara alamiah dikeluarkan tubuh.

Kenapa kentut bisa berbau?

Kentut bisa berbau karena ada berbagai macam penyebab, salah satunya yakni karena makanan yang kita makan.

Jika kita memakan makanan yang mengandung sulfur, seperti sayuran jenis kol, kacang-kacangan dan lain sebagainya, maka kentut juga akan mengeluarkan zat yang sesuai dengan kandungan yang ada di makanan.

Kenapa ketika kentut ada yang nyaring dan tidak?

Tidak jarang sering kita mendengar suara kentut yang berfariasi, mulai dari yang nyaring dan tidak. Tentunya hal ini ada penyebabnya.

Kentut nyaring suaranya karena disebabkan jumlah gas yang keluar dari dalam perut banyak, sehingga menyebabkan perut untuk cepat-cepat mengeluarkannya.

Baca Juga:  Syarif Abdullan Buka Kegiatan KPPM Tingkat Dasar,Pengurus dan Anggota Tetap Menjadi Pelopor

Selain itu, jika otot sedang tegang, maka gas yang keluar akan ikut tegang dan juga mengeluarkan suara kentut yang nyaring.

Tetapi, jika otot sedang rileks, maka gas yang keluar akan dengan tenang dan tanpa suara.

Manfaat Kentut

Manusia kentut merupakan proses alamiah yang dihasilkan tubuh. Dimana, ketika seseorang kentut, menandakan bahwa saluran pencernaan dalam tubuh berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsinya.

Yang mana, makanan yang dikonsumsi telah diproses oleh tubuh dengan baik. Bukan hanya itu saja, seseorang yang kentut mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, yakni sebagai berikut.

  1. Makanan Yang Dikonsumsi Sudah Seimbang.

Manfaat pertama dari kentut, yakni memberikan sinyal terkait nutrisi dalam tubuh. Makanan yang terdiri dari protein, lemak rendah, sayuran, biji-bijan, buah dan lain sebagainya sudah seimbang.

Tetapi, akan menghasilkan banyak gas dari apa yang dikonsumsi. Disisi lain, jenis karbohidrat tidak dapat langsung diurai dari saluran pencernaan.

Sehingga makanan akan difermentasi dahulu di usus besar sebelum dilakukan pembuangan oleh tubuh.

  1. Rasa Sakit Pada Perut Berkurang

Saat kita makan, atau sedang mengkonsumsi makanan akan menghasilkan gas. Gas yang berada di dalam perut atau tubuh masih banyak dan menumpuk. seiring ketika kita terus saja makan atau mengkonsumsi makanan. Dengan begitu, akan menyebabkan penumpukan gas pada perut.

Gas yang telah terkumpul tadi, lama kelamaan harus dikeluarkan karena penampungan yang semakin penuh dan padat. Oleh karena itu gas tadi harus dikeluarkan.

Maka, ketika kita kentut rasa sakit pada perut akan berkurang. Namun, bila kita tahan dan tidak dikeluarkan akan menyebabkan terjadinya rasa sakit pada perut.

  1. Mengidentifikasi Alergi Makanan

Apa iya, kentut bisa mengidentifikasi alergi pada makanan? Saat kita mengkonsumsi makanan yang menyebabkan alergi, gejala yang ditimbulkan pada tubuh kita dapat berupa diare, mual, kembung dan produksi gas yang berlebihan.

Baca Juga:  Prestasi Indonesia Peringkat Ke-2 Pernikahan Usia Dini dan Ke-8 Di Dunia

Bila kita merasakan gejala tersebut saat mengkonsumsi makanan, dan lalu kentut, itu sudah menandakan bahwa tubuh memberikan sinyal kalau kita alergi makanan tersebut.

  1. Saluran Pencernaan Sehat

Penceranaan yang sehat yakni pencernaan yang dihuni oleh bakteri baik. Bakteri-bakteri ini bekerja dalam memakan makanan dan mencerna yang kita konsumsi setiap hari.

Dimana, saat sistem pencernaan sehat dan bakteri dapat dengan mudah memproduksi makanan, sehingga otomatis gas jadi lebih mudah terbentuk.

Sudah tidak ada alasan lagi bagi kalian yang masih sering manahan untuk tidak kentut. Sebab, manfaat dari ketika kentut sudah sangat jelas terlihat dari artikel di atas.

Kentut dapat berfungsi sebagai indikator kesehatan pencernaan, sampai pada tahap mengidentifikasi alergi makanan.

Jika kita mau kentut, ada etikanya. Dimana, kentut tidak bisa sembarangan. Sebagai manusia yang memiliki etika dan norma, penulis sarankan untuk kentut ditempat yang tidak menyebabkan orang lain marah. Seperti ditoilet, atau tempat sepi yang jauh dari orang.

Artikel ini, penulis tulis dengan berbagai macam refrensi dan juga analisis. Serta dari berbagai sumber yang terpercaya. Salah satunya yakni hallosehat.com.

Mumpung masih weekend gini, bagi kalian yang sedang merenung atau lagi sendirian atau jomblo alias single. Disarankan untuk membaca artikel ini.

Salam sehat dan salam hormat. Tetap patuhi protokol kesehatan Pandemic covid-19 yang berlaku dinegri ini.