Kerja Bakti, Mahasiswa KKM Fisip Bersihkan Lingkungan Bersama Aparatur Kelurahan Pangmilang

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKM Fisip Bersihkan Lingkungan Bersama Aparatur Kelurahan Pangmilang

Singkawang, Beritaborneo.id – Kerja bakti merupakan salah satu progam kerja pendukung yang diadakan oleh Mahasiswa KKM Kelompok 10 Fisip Untan. Progam kerja ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan di Kelurahan Pangmilang Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang, Progam kerja “kerja bakti” yang diadakan oleh Mahasiswa KKM ini dilaksanakan setiap hari Jum’at dan kegiatan pertama dilakukan hari jumat tanggal 21 Januari 2022 pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Mahasiswa KKM bersama aparatur Kelurahan Pangmilang melaksanakan progam “Kerja Bakti” pertama. Pada kegiatan tersebut seluruh Mahasiswa KKM mengikuti kegiatan kerja bakti yang diadakan oleh Pemerintah Kelurahan Pangmilang. Kegiatan kerja bakti ini yaitu membersihkan lingkungan sekitar kantor kelurahan,  Ranting pohon dan kayu dibersihkan.

Dipimpin langsung oleh Bapak Franhalidisius, S.IP selaku Lurah di Kelurahan Pangmilang, kerja bakti dilakukan di depan Kantor Kelurahan Pangmilang. Kerja bakti diikuti juga oleh mahasiswa KKM Fisip Untan.

Menurut Franhalidisius, kerja bakti ini sering dilakukan oleh aparatur kelurahan setiap hari Jum’at, “Setiap hari Jum’at biasanya kita (aparatur) melakukan kerja bakti, tapi berhubung ada mahasiswa KKM jadi sekalian saja sama-sama kita kerja bakti,” tutur Franhalidisius.

Selain itu, Dheo yang merupakan mahasiswa KKM Fisip Untan menerangkan, “Kerja bakti ini juga merupakan salah satu program kerja dari tim KKM Kelompok 10. Dimana, program kita juga berkaitan dengan peduli lingkungan, yakni salah satunya dengan membersihkan lingkungan di Pangmilang, sehingga bisa sekalian dengan agenda kerja bakti ini.” Ujar Dheo.

Dengan adanya kegiatan ini Mahasiswa KKM dan aparatur kelurahan turut antusias dan semangat mengikuti kerja bakti ini. Kedatangan Mahasiswa KKM membantu kerja bakti disambut aparatur kelurahan dengan ramah dan bahagia. “Semangat! Sampai keringatan begitu” Ujar Bapak Lurah  kepada Mahasiswa KKM.

Dheo juga menjelaskan bahwa tujuan dan harapan Mahasiswa KKM Fisip Untan mengadakan progam “Kerja Bakti” ini yaitu semoga setelah selesainya kegiatan KKM, kegiatan kerja bakti rutin dilakukan demi menjaga kebersihan bersama dan terjaganya pola hidup sehat dan bersih.

“Dengan adanya kegiatan ini memberikan pengalaman dan ilmu baru bagi Mahasiswa KKM karena dapat belajar bersosialisasi dengan aparat kelurahan dan mengabdi untuk daerah masing-masing,” ungkap Dheo.