Kiat Sukses Memilih Jurusan Yang Tepat

Kiat Sukses Memilih Jurusan Yang Tepat

Jakarta, BeritaBorneo.id – Seringkali lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengalami kebingungan dalam menentukan pilihan jurusan dalam meneruskan studinya terutama didorong kemana cita-cita akan ditentukan.

Pada kesempatan ini PT. Yicheng Indonesia sebagai perusahaan logistik dunia yang mencoba memfasilitasi dan menampung serta memberikan solusi kepada para lulusan SMA/SMK untuk mendapatkan tips/trik dalam menentukan jurusan yang akan dipilih agar dikemudian hari jika lulus dari peguruan tinggi yang sudah dipilih tidak mengalami penyesalan.

Dengan adanya webinar ini diharapkan semua lulusan SMA/SMK semakin mantab dan yakin bahwa pilihanya terbaik dan sesuai dengan cita-cita yang akan diraih.

Adapun materi webinar ini adalah sebagai berikut:

  1. Pahami minat dan bakat yan dimiliki sebelum memilih jurusan yang di inginkan
  2. Lakukan riset dan jelajah informasi jurusan – jurusan yang akan dipilih
  3. Konsultasi dengan Orang Dekat Berpengalaman/ Profesional di Dunia Kerja
  4. Peluang kerja setelah selesai kuliah pada jurusan tersebut
  5. Kemungkinan bea siswa, ikatan dinas atau kesempatan untuk masuk kerja kerja lebih cepat.
  6. Cita-cita yang ingin dicapai.
  7. Nilai akreditasi Perguruan tinggi dan prodi yang akan dipilih nantinya.

Pantangan atau hal-hal yang dihindari dalam memilih jurusan sebagai berikut:

  1. Jangan memilih jurusan dalam kuliah hanya untuk mengikuti teman atau saran orang terdekat.
  2. Jangan terpaku dengan nilai pelajaran yang tinggi waktu sekolah.
  3. Jangan abaikan bakat, keahlian yang dimiliki dalam mendukung pilihan jurusan.
  4. Memilih jurusan berharap untuk cepat selesai kuliah dan mendapatkan ijazah saja.

Dengan Nara sumber yang kompeten: Dr. Agung Kwartama.,SE., MM., MH seorang praktisi dan dosen Pasca Sarjana Sekolah tinggi Transportasi serta Perguruan tinggi lainnya yang ada di Jakarta didampingi Praktisi yang bekerja perusahaan multinasional di Singapura, Mahfud khoironi serta Bakti Yuliarti praktisi bekerja di perusahaan multinasional di Australia diharapkan webinar semakin meningkatkan kepercayaan diri dan keyakinan para lulusan SMK / SMA demi menyosong masa depan yang mereka inginkan setelah lulus dari perguruan tinggi.

Baca Juga:  PC PERGUNU Kota Pontianak Isi Akhir Tahun 2021 dengan Launching Buku

Adapun yang hadir tidak hanya kalangan Lulusan SMK/SMA akan tetapi hadir juga para mahasiswa jurusan Hukum, Transportasi udara, Transportasi Laut, para guru dan peserta lainnya yang sangat antusias dalam mengikuti webinar yang sangat bermanfaat dalam pemilihan jurusan yang di inginkan serta keahlian- keahlian lainnya yang dibutuhkan agar lulusan bisa diterima pangsa pasar kerja yang semakin ketat saat ini.

Karena kesimpulan dari narasumber Tenaga kerja Indonesia mempunyai etos kerja tinggi, professional dan mumpuni di bidangnya, tinggal bagaimana bisa menembus pangsa pasar kerja luar negeri serta perlindungan dalam pekerjannya.

Diharapkan kedepan ada webinar lanjutan untuk memperkuat dan meningkatkan lagi keyakinan mereka agar lulusan perguruan tinggi nanti bisa semakin professional dalam bekerja tidak hanya di Indonesia dan harapannya bisa go international.

Penulis: HedEditor: Nur