Berita  

Koramil 1207-02/Pontianak Selatan Buat Sekat Kanal Sungai Bersama Warga

Pontianak, Beritaborneo.id-Pelaksana harian (Plh) Danramil 1207-02/Pontianak Selatan Kodim 1207/BS Mayor Kav Anjaswadi memimpin anggotanya melaksanakan gotong royong bersama warga untuk membuat Sekat Kanal Sungai (SKS) di jln. Perdana Kel. Bansir Darat Kec. Pontianak Tenggara. (Sabtu, 13 Maret 2021)

Turut hadir dalam gotong royong pembuatan sekat kanal sungai adalah Kadis BPBD Kota Pontianak Haryadi S Triwibowo, Camat Pontianak Tenggara Hj. Rendrayani, S.STP., M.Si., Plh Danramil 1207-02/Pontianak Selatan Mayor Kav Anjaswadi, Kabagops Polresta Pontianak AKP Rizal Ferdianto, S.I.K., Kapolsek Pontianak Selatan AKP Galih, Personel Posko Satgas Karhutla Kota Pontianak, Lurah Bansir Darat beserta Staf serta warga kelurahan Bangsir Darat.

Pembuatan sekat kanal air dilakukan oleh Babinsa Bansir Darat bersama masyarakat dengan maksut agar mempunyai cadangan air dilahan gambut dan untuk mengantisipasi musim kemarau nanti, sehingga dapat meminimalisir akibat bahaya Karhutla dan bertujuan untuk menaikkan daya simpan (retensi) air pada badan kanal dan sekitarnya dan mencegah penurunan permuakaan air di lahan gambut, sehingga lahan gambut di sekitarnya akan tetap basah dan sulit terbakar.

Sementara itu, penimbunan kanal dilakukan untuk meningkatkan sedimentasi dan pendangkalan badan kanal dengan tujuan agar daya kuras airnya dapat dikurangi dan muka air dibadan kanal dapat dipertahankan.

Pelaksana harian Danramil 1207-02/Pontianak Selatan Mayor Kav Anjaswadi mengatakan, “Kegiatan gotong royong pembuatan sekat kanal sungai bersama warga ini karena para Babinsa benar-benar tulus dan ikhlas dalam membina dan membantu masyarakat. Selain itu juga karena kesadaran dalam diri Babinsa bahwa TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat”

“Kemanunggalan TNI bersama rakyat akan terus kita jaga, dan semakin ditingkatkan dengan cara membaur di tengah masyarakat melalui kerja bakti seperti ini” Ungkapnya Kapten Kav Anjaswadi

Baca Juga:  Kerukunan Bagi Bangsa, FKUB Kalbar Laksanakan Halal Bihalal Momentum Hari Lahir Pancasila

Sementara itu, salah satu warga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Babinsa yang ikut serta bergotong royong bersama-sama dalam membuat sekat kanal ini.

“Dengan kehadiran Babinsa tentu sangat membantu serta memberikan manfaat bagi masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla khususnya di Kel. Bansir Darat Kec. Pontianak Tenggara ini” Terangnya.

(*)