Main Lato Lato Ternyata Ada Manfaatnya, Berikut Penjelasannya

BERITABORNEO.ID – Lato-lato sebenarnya adalah mainan yang pernah tren pada tahun 1990-an. Mainan ini terdiri dari sebuah tali dan dua bola berat warna-warni pada setiap ujung tali.

Mainan ini dimainkan dengan cara membenturkan dua bola berat dengan cepat hingga terdengar bunyi ‘tek..tek…tek’.

Tidak hanya mampu mengisi waktu luang anak, ternyata permainan lato-lato juga memiliki manfaat untuk tumbuh kembang anak, di antaranya:

1. Mengoptimalkan Gerak Motorik

Ketika memainkan lato-lato, anak akan dipaksa untuk menggerakan tangan dan menyesuaikan kekuatan tertentu. Aktivitas ini akan melatih kemampuan tangan, lengan, serta melatih koordinasi mata.

Ternyata, lewat gerakan-gerakan yang diperlukan saat bermain lato-lato, anak akan melatih gerak motoriknya. Latihan gerakan motorik merupakan bagian penting dari pertumbuhan anak.

Perkembangan gerak motorik yang baik bisa membantunya untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

2. Menumbuhkan Sikap Pantang Menyerah

Permainan lato-lato menuntut anak untuk memikirkan cara agar bola bisa terus terbentur tanpa putus dalam waktu yang lama. Saat bermain, si Kecil mungkin akan menghadapi kegagalan.

Lewat kesalahan dan kegagalan kecil yang dihadapi, ia akan belajar untuk meningkatkan kemampuannya dalam bermain lato-lato. Bukan tidak mungkin, ia juga akan belajar dari orang lain untuk mendapatkan keberhasilan dalam memainkannya.

Hal ini akan menjadi bekal bagi anak untuk menumbuhkan sikap pantang menyerah. Si Kecil akan belajar bahwa gagal satu kali bukan berarti ia akan gagal selamanya.

Selama tidak menyerah untuk belajar, mencoba, dan berusaha maka keberhasilan bukanlah hal yang mustahil. Permainan ini juga mengajarkan anak untuk tidak malu belajar dari orang lain karena itu adalah salah satu cara untuk mencapai keberhasilan.

3. Mengalihkan dari Kecanduan Gadget

Baca Juga:  Launching Posketren, Guntur Perdana Minta Pemerintah Daerah Dorong Posko Kesehatan Pesantren

Ketika gadget menjadi alat untuk kabur dari kesedihan atau kebosanan, serta mulai mengganggu kehidupan sehari-hari, ini bisa menjadi tanda bahwa anak sudah menggunakannya secara berlebihan. Apalagi jika ia mulai khawatir akan baterai dan gadgetnya diambil.

Menghabiskan waktu yang berlebihan untuk bermain gadget memang tidak sehat, bisa mengakibatkan nilai yang buruk hingga meningkatkan risiko obesitas.

4. Melatih Kesabaran

Bermain lato-lato tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan latihan dan strategi agar berhasil menguasai trik tertentu dalam permainan ini.

Bagi anak, situasi kegagalan terus menerus merupakan situasi sulit dan bisa membuat frustasi. Situasi ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk mengajari anak cara menghadapi perasaan frustasi.

Kondisi tersebut membuat anak akan belajar untuk menerima dan memproses perasaan yang muncul.

Anda bisa memperkenalkan lato-lato pada anak untuk mengalihkannya dari perangkat elektronik. Selain mengurangi penggunaan gadget, permainan ini juga akan membuatnya lebih aktif bergerak.

Permainan lato-lato memang menyenangkan dan membuat penasaran. Ketika berhasil melakukannya, akan ada rasa bangga dan puas.

Namun, perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik. Sebagai orang tua, Anda tetap perlu mengawasi dan membatasi permainan ini.

Anda juga sebaiknya mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik lain untuk melatih gerak motorik kasarnya.