Mendekati Pemilu 2024, Fakultas Hukum Untan Gelar Seminar bertemakan Politik Cerdas

PONTIANAK, BERITABORNEO.ID – Dalam rangka mewujudkan pemilu yang damai Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura memberikan upaya melalui Seminar dengan tema “POLITIK CERDAS PEMILU DAMAI”.

Secara teoritis pemilihan umum dianggap merupakan tahap paling awal dari berbagai rangkaian kehidupan tata negara yang demokratis. Sehingga pemilu merupakan motor penggerak mekanisme sistem politik Indonesia.

Sampai sekarang pemilu masih dianggap sebagai suatu peristiwa kenegaraan yang penting. pemilihan secara demokratis bukan sekedar lambang, melainkan pemilihan yang harus kompetitif, berkala, inklusif dan definitif untuk menentukan pemerintah.

Pemilu merupakan suatu mekanisme transfer kekuasaan politik secara damai. Legitimasi kekuasaan seseorang atau partai politik tertentu tidak diperoleh dengan cara kekerasan. Namun kemenangan terjadi karena suara mayoritas rakyat didapat melalui pemilu yang adil. Oleh sebab itu untuk mewujudkan pemilu yang adil kita harus bijak dan mengerti seperti apa mekanisme dalam politik sehingga instrumen dalam demokrasi dapat ditegakan.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura mengadakan seminar tentang politik dengan tema POLITIK CERDAS, PEMILU DAMAI, dilaksanakan di Aula Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura 28 Februari 2023 dengan menghadirkan beberapa pemateri dari instansi terkait yaitu ada dari akademisi, Bapak Haunan Fachry Rohilie, S.IP., M.A. Dosen Fakultas Fisipol univeritas Tanjungpura, dari KPU kota Pontianak Bapak Julhelmi, ST, dari Bawaslu kota Pontianak ada Bapak Insfiansyah, S.SOS.,M.A.P dan mewakili Kapolresta kota Pontianak yaitu Iptu Bapak Harris Basuki Kanit bidang ideologi dan politik Polresta kota Pontianak.

Seminar ini di buka langsung boleh Dekan Fakultas Hukum universitas Tanjungpura yaitu ibu Dr. Hj. Sri Ismawati, S.H., M.Hum dalam kata sambutannya beliau acara tersebut sangat urgensi.

“Menjadi suatu urgensi tersendiri bagi kita memang untuk membahas Mengenai politik terutama dalam menghadapi pemilu 2024 sehingga Mahasiswa/i Fakultas Hukum Untan mendapatkan Edukasi dari pemateri2 yang sangat luar biasa,” Ujarnya.

Baca Juga:  Firli Bahuri: Mental Terjajah Oleh Prilaku Koruptif Biang Keladi Terhambatnya Kemajuan Bangsa Dan Negara

Selain itu presiden Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Antoni Bram menambahkan.

“Banyak mengucapkan Terima kasih atas dukungan dari pihak Polresta kota Pontianak yang telah mendukung penuh kegiatan seminar ini serta kepada pihak KPU dan Bawaslu kota Pontianak yang telah menghadirkan pemateri yang sangat luar biasa,” tutupnya.