Berita  

Mengunyah Permen Karet, Ini Dia Manfaatnya

Sumber: Jatimnet.com

Beritaborneo.id – Pernah mengunyah permen karet? Bagi kalian yang merasa sering mengunyah permen karet, tentunya sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam jenis permen karet. Dari mulai rasanya, harganya bahkan kualitasnya.

Tapi, jauh dari itu, mari kita simak sebentar, untuk sejenak membaca artikel weekend siang ini, yang mana dengan konteks kunyahan “Permen Karet”.

Permen karet, seringkali jadi permen yang banyak diminati oleh kalangan orang-orang tertentu, misalnya bagi para non-perokok, pemikir (Kutu Buku), jurnalis, penulis dll .

Biarpun sebagian orang menganggap mengunyah permen karet adalah suatu yang jorok, namun sejarah mengungkapkan, bahwa permen karet  berada sekitar 9.000 tahun yang lalu.

Pada tahun 1993 para arkeolog menemukan gumpalan pada uang yang berisikan pemanis madu.

Dimana gumpalan pemanis madu tersebut dikunyah oleh para pembuuru di Swedia. Masyarakat Yunani Kuno beranggapan bahwa mengunyah permen karet merupakan suatu kebiasaan yang sudah dilakukan secara turun temurun.

Ada dua jenis permen karet, yakni permen karet bebas gula mengandung 5 kalori dan permen karet dengan mengandung gula sebanyak 10 kalori per-satunya.

Permen karet, diminati karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh,pikiran dan lain sebagainya.

Dari pada kita bertele-tele, mari kita baca artikel ini sampai selesai.

  1. Mencegah Terjadinya Gigi Berlubang

Wah-wah, apa kalian pernah mengetahui hal ini, ternyata mengunyah permen karet dapat mencegah terjadinya gigi berlubang, lho. Pasti kalian bertanya-tenya mengapa bisa begitu?.

Mengunyah permen karet dapat memicu terjadinya produksi air liur yang tinggi.  Air liur sendiri berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada celah gigi atau rongga-rongga gigi.

Selain itu, menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri, terakhir dapat membawa antibodi untuk melawan kuman yang disebabkan gigi berlubang.

Tapi, untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda harus mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setiap hari.

Permen karet yang tentunya anda pilih yakni permen karet dengan pemanis buatan seperti aspartame, xylitol, sorbitol atau mannitol (sumber: dikutip hallosehat.com).

  1. Mencegah Bau Mulut.

Untuk hal ini, pastinya anda sering mengalami bau mulut yang membuat kita nggak percaya diri ataupun minder.

Baca Juga:  Percepatan serta Pemerataan Vaksinasi Pontianak Utara

Bau mulut disebabkan oleh gigi berlubang dan menimbulkan busuk, kotoran pada mulut, dan zat buangan yang dihasilkan perncernaan yang banyak bakteri.

Ketiga hal ini dapat menghasilkan senyawa kimia yang menyebabkan terjadinya bau tidak sedap pada mulut.

Maka, untuk mengurangi ataupun mencegah terjadinya bau mulut disarankan anda untuk mengkonsumsi permen karet.

Kenapa? Karena produksi liur saat mengunyah permen karet menjaga mulut agar terus aktif berproduksi. Selain itu, gigi pun bersih dari bakhteri.

  1. Fungsi Otak Meningkat

Apa iya mengunyah permen karet fungsi otak dapat meningkat?. Mari kita simak. Dalam beberapa penelitian menemukan bahwa ketika seseorang ketika mengunyah permen karet dapat berfungsi dengan baik, bahkan terbilang dapat meningkat.

Meningkat gimana, ya? Maksudnya, fungsi otak dapat meningkat yakni tingkat produksi otak dalam berpikir lebih aktif dan produktif dalam berpikir. Misalnya, kewaspadaan, ingatan, pemahaman, serta kemampuan mengambil keputusan.

Kombinasi manfaat mengunyah permen karet dan fungsi otak lebih bisa seimbang. Para pakar meyakini bahwa seseorang ketika mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah untuk menuju otak, dimana ketika aliran darah dalam otak memadai maka otak bisa bekerja maksimal dan optimal.

  1. Setres dan Rasa Cemas berkurang

Siapa sih yang tidak pernah mengalami setres dan cemas yang berkepanjangan. Pastinya semua orang pernah mengalami hal itu.

Setres dan cemas disebabkan oleh kortisol yang memicu. Lalu gimana caranya agar setres dan rasa cemas berkurang bahkan kalau bisa jangan sampai. Salah satu solusinya yakni mengunyah permen karet sebagai salah satu obatnya.

Mungkin sebagian orang biasa melakukan menggigit kuku,gemetar saat setres dan cemas, dan yang lainnya. Tapi, sebagian orang juga melakukan prilaku kebiasaan mengunyah permen karet sebagai pengganti dari kebiasaan-kebiasaan yang lainnya, sehingga menjadi lebih rileks.

  1. Asam Lambung Akan Berkurang (Refluks Asam Lambung)

Asam lambung terjadi saat asam lambung naik menuju kerongkongan. Sehingga menyebabkan iritasi pada saluran tersebut. Apa gejalanya? Gejala utamanya adalah perih pada perut bagian atas dan rasa asam pada mulut.

Baca Juga:  Kodim 1207/Pontianak Saat Pelaksanaan TMMD Ke-111 Gencar Laksanakan Patroli PPKM Mikro Dan Penegakan Disiplin Prokes

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan bertambahnya produksi air liur. Dengan bertambahnya produksi air liur dapat mengubah pH liur menjadi basah dan membuat anda akan lebih sering menelan. Hasilnya, asam lambung menjadi netral.

  1. Meredakan Nyeri Telinga Saat Terbang

Bagi kalian yang pernah naik pesawat atau keluar kota naik pesawat, maka sudah tidak asing lagi bahwa kalian pasti pernah merasakan sakit telinga saat pesawat berada di atas ketinggian.

Maka, salah satu caranya untuk meredakan sakit telinga saat terbang, yakni mengunyah permen karet. Masih dengan motif yang sama, yakni permen karet meningkatkan produksi air liur tinggi. Sehingga dapat membasahi saluran atau saraf-saraf otak telinga, dan lain sebagainya.

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Kali ini, siapa yang tidak menginginkan wajah agar terus kencang dan terus tampil muda. untuk yang ini, salah satu caranya yakni mengunyah permen karet. Kenapa? Mengunyah permen karet otot-otot wajah akan lebih sering bergerak.

Para peneliti dari Amerika mengungkapkan dan membuktikan bahwa mengunyah permen karet bisa bermanfaat bagi kekuatan otot-otot wajah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Pernah mengalami berat badan yang berlebihan? Kadang, ketika seseorang mengalami berat badan, dia akan minder dan tidak percaya diri untuk keluar rumah, ketemu orang, dan lain sebagainya.

Lantas apa solusinya? Salah satu solusinya yakni mengkonsumsi atau mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat mengurangi rasa lapar.

Ketika seseorang mengunyah permen karet, maka sugesti sedang makan akan timbul dari pikirannya. Sehingga rasa lapar akan berkurang.

University Of Rhode Island pada tahun 2015 menghasilkan penelitian bahwa mengunyah permen karet membantu membakar kalori yang tersisah hingga 19 persen.

Manfaat mengunyah permen karet yang penulis jelaskan di atas merupakan suatu artikel atau tulisan yang di ambil dari berbagai sumber terpercaya dan dijadikan satu ringkasan.

Selamat menjaga kesehatan, terus tingkatkan olahraga dan tetap patuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan pemerintah di Negri ini.

Selamat membaca dan salam hangat dari penulis.