Asal Muasal Tapai Dan Manfaat Tapai Untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Sumber: Popmama.com

Pontianak,beritaborneo.id – Tapai merupakan makanan khas atau makanan tradisional masyarakat indonesia.

Secara etimologi, kata tapai berasal dari bahasa Proto-Melayu Polinesia Barat, yakni “tapay”, yang diartikan beras yang difregmentasi atau tuak dari beras.

Lebih jauh dari itu, asal kata dalam bahasa Proto-Austronesia yakni tapaj yang diartikan makanan hasil fregmentasi.

Makanan ini terkenal di indonesia, khususnya daerah Jawa Timur dan Jawa Barat. Di Jawa Barat, orang Sunda menyebutnya peuyeum.

Proses Pembutan

Pembuatan tapai tidak begitu sulit dan bahan yang digunakan sangat mudah untuk didapatkan. Jika kita ingin membuat tapai, yakni ambil singkong atau ubi, kupas, dan bersihkan. Bisa juga dipotong-potong menjadi beberapa bagian, sesukanya saja.

Selain itu, singkong yang sudah disiapkan, dikukus atau direbus sampai singkong tersebut benar-benar lembut dan masak. Kalau sudah, jangan lupa diangkat dan disimpan ditempat yang telah anda sediakan. Dan tunggu sampai dingin.

Dimana, anda jangan lupa untuk menyediakan Ragi (pengawet) sebagai bahan pencampur untuk mempercepat proses terjadinya tapai.

Setelah dingin, anda bisa menempatkannya didalam baskom dan di alas daun pisang serta berikan campuran ragi yang sudah dihaluskan.

Sebanarnya, untuk tempat, anda bebas untuk memakai tempat apa saja, yang penting bisa disimpan dan tutup rapat sampai singkong tersebut lembuh dan berubah warna. Hanya saja, daun  pisang lebih memiliki aroma wangi.

Kalau sudah, anda tutup dengan rapat jangan sampai masuk angin, konon kalau masuk angin tapai tidak akan bagus hasilnya. dan tunggu sampai sekitar 2-4 hari.

Sesudah sampai waktu  yang disampaikan di atas, silahkan anda buka dan dipastikan singkong yang sudah didiamin tadi akan menjadi tapai.

Makanan Khas Indonesia

Tapai umumnya merupakan makanan khas tradisional Indonesia. Dengan proses pembuatan yang masih sangat tradisional pula.

Tapai singkong tidak ada waktu tertentu dalam pembuatannya, anda bisa membuat kapanpun, selama ada singkongnya.

Jenis makanan ini, merupakan makanan yang sering dilahap dengan beberapa hidangan yang lain, seperti campuran ampas kelapa yang sudah diparut, dicampur dengan cendol, dicampur dengan eskrim, dan beberapa campuran yang lainnya.

Kandungan Tapai Singkong

Setelah memberikan penjelasan asal usul dan proses pembuatan tapai singkong di atas, kali ini penulis juga akan memberikan wejangan pengetahuan tentang apa saja sih, kandungan yang ada di dalam tapai singkong, sebenarnya bukan hanya tapai singkong, tapai ketan pun juga memiliki kandungan yang sama dengan tapi singkong, karena proses fregmentasi tadi.

Tapai memiliki banyak kandungan atau nutrisi,  dikutip dari hallosehat.com, dalam penjelasannya tentang kandungan yang ada didalam tapai yakni daftar Komposisi Bahan Makanan Indonesia, yang diterbitkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPP PERSAGI), 100 gram tapai singkong mengandung sejumlah nutrisi. Yang meliputi:

 

Manfaat Tapai Singkong Untuk Kesehatan

Jika kita ngomongin manfaat, hal ini pasti tidak ada habisnya. Apalagi, makanan tradisional yang selalu buat ngiler.

Lalu apa saja manfaat tapai singkong untuk kesehatan tubuh? Untuk lebih lanjutnya, penulis memberikan wejangan dengan jelas dibawah ini.

  1. Memberi Kehangatan Pada Tubuh

Masak iya tapai bisa memberikan kehangatan untuk tubuh. Tentunya, makanan yang sudah difregmentasi akan mengandung banyak nutrisi, nutrisi tersebut berfungsi salah membuat tubuh kita hangat saat makan tapai.

Jika tubuh kita merasa lesuh, capek, lemas,demam, anda dapat mengonsumsi tapai singkong ini. Selain memberi kehangatan, tapai singkong akan menstimulasi kulit agar hangat.

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi tapai dalam jumlah sedang dan sesuai porisnya yakni 50 gram setiap hari dapat mencegah dapat mencegah dampak negative alcohol.

  1. Memberikan Energi Kesehatan Pada Tubuh

Pengen tahu seperti apa energi tersebut? Tapai yang dikonsumsi dengan baik dan porsi yang standar pula akan memberikan energi pada tubuh, seperti karbo tinggi. Karbo yang dihasilkan tapai sama halnya dengan makan nasi.

Karbo tersebut akan menjadi energi positif yang berpotensi membantu memecah protein untuk makan sel. Sehingga tubuh kita akan menjadi lebih sehat, segar dan bugar.

  1. Gairah Seksual Tubuh Akan Bertambah

Tapai singkong maupun ketan memiliki banyak karbo dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Karbo tersebut berfungsi sebagai energi untuk memberikan rangsangan seksual secara perlahan.

Nah, bagi anda yang sudah bersuami atau beristri disarankan untuk mengkonsumsi tapai sebagai sarana terapi kesehatan, terutama untuk anda yang memiliki kelainan seksual.

  1. Perawatan Wajah Agar Tidak Jerawatan

Siapa yang kesel jika wajah berjerawat. Pastinya anda akan kesel dan minder untuk keluar jika wajah anda berjerawat. Tenang, kali ini tim beritaborneo.id akan memberikan solusinya. Dimana, salah satu solusinya anda mengkonsumsi tapai.

Tapai merupakan satu diantara metode yang paling efektif untuk menyebuhkan jerawat diwajah. Tapai akan membantu tubuh kita untuk mentralkan racun yang berada di pinggir pori-pori yang tersumbat.

Pori-pori yang tersumbat mengandung kotoran dan racun yang akan meningkatkan kemungkinan kulit terkena jerawat. Agar kulit tetap kelihatan segar dan bersih, anda bisa mengkonsumsi tapai dengan teratur setiap harinya.

  1. Sumber Makanan Diet

Tapai dengan berbagai macam kandungan kesehatannya, juga berpotensi untuk menjadi menu makanan diet. Terutama bagi kalian yang merasa berat badannya terus bertambah dan anda masih bingung mencari menu makanan diet, penulis sarankan untuk mengkonsumsi tapai sebagai salah satu cara untuk mengurangi berat badan anda.

Apalagi, anda yang seringkali tampil percaya diri dengan tubuh seksi dan merasa minder dengan badang yang semakin gemuk. Kandungan serat didalam tapai akan memberi rangsangan pada organ pencernaan kita untuk bekerja lebih baik.

  1. Merupakan Sumber Probiotik

Proses fregmentasi pembuatan tapai melibatkan berbagai mikroorganisme yang berproses sangat baik untuk menghasilkan esensi probiotik.

Sehingga kandungan air yang berada didalam tapai singkong atau ketan menjadi esensi yang kuat untuk selanjutnya mengalahkan bakteri dan virus jahat pada tubuh. Maka tapai sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah racun dalam tubuh.

  1. Pencernaan Menjadi Lebih Baik

Saat anda mengalami gangguan atau masalah pada pencernaan , anda bisa mengkonsumsi tapai sebagai penyembuhannya.  Dari proses fregmentasi tadi, tapai dapat berproduksi probiotik dan asam laktat.

Probiotik tersebut bermnfaat untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan anda. Dimana bakteri baik akan membunuh bakteri jagat dalam tubuh. Sehingga bakteri baik akan berkerja dengan maksimal dan sangat baik.

Hal ini pun harus mengkonsumsi tapai dengan teratur dan porsi yang standar pula, yakni 50 gram perhari. Memberikan ke efektifan membuang sracun dari dalam tubuh melalui proses sekresi dan mencegah terjadinya sembelit.

  1. Perbaikan Otot Dan Neoron

Masih dengan hal yang sama, bahwa proses fregmentasi tapai tadi akan banyak menghasilkan kandungan kimia.

Fregmentasi tersebut juga menghasilkan peningkatan thiamin, yang nantinya akan berfungsi meningkatkan sistem otot dan neuron manusia.

  1. Mencegah Terjadinya Anemia

Anemia, merupakan penyakit kekurangan sel darah merah dan ini kerap terjadi kepada siapapun dan kapanpun, tidak mengenal usia maupun jenis kelamin.

Dimana ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik, maka kondisi tubuh pun juga mengalami gangguan.

Apakah anda memiliki penyakit anemia? Atau anda sudah mengalami gejala anemia pada tubuh anda? Untuk menangani dan mencegah terjadinya anemia pada tubuh anda. Salah satu makanan yang disarankan yakni tapai.

Hasil dari fregmentasi  singkong atau ketan dan menjadi tapai, mengandung Vitamin B-12 yang diproduksi pada saat proses fregmentasi.

Vitamin sangat penting dan sangat berpengaruh pada tubuh dan mencegah terjadi anemia. Jika kalian sering mengkonsumsi tapai, tentunya anemia tidak akan terjadi lagi.

  1. Mencegah Terjadinya Hipertensi

Apa itu hipertensi? Hipertensi merupakan penyakit yang bisa menstimulasi dan mengembangkan penyakit lain, seperti jantung, stroke, kanker, dan penyakit lainnya.

Lantas apa solusinya? Gampang saja, anda hanya tinggal mengkonsumsi tapai sebagai salah satu obat penyembuhannya.

Yang mana, tapai akan memberikan dampak posistif bagi tubuh anda. Tapai makanan yang mengandung sumber kalsium, yang nantinya akan berfungsi untuk mengontrol tekanan darah, menjaga detak jantung, dan menjaga pembulu darah agar tetap bersih dan mengalir lancar.

  • Bagikan
Ini terletak pada bagian bawah halaman, sebelum footer