Berita  

Operasi Pendisiplinan Prokes, Kodim 1207/BS Gelar Patroli Gabungan

Pontianak, Beritaborneo.id- Kodim 1207/BS bersama Polresta Pontianak, Direktorat Samapta Polda Kalbar, Satpol PP Prov. Kalbar, Dinkes Kota Pontianak, Kesbangpol Kota Pontianak dan Ormas Badan Koordinasi Komunikasi Wilayah (Bakorkomwil) 1207 melaksanakan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan dalam rangka menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19 di wilayah Kota Pontianak, Minggu malam (25/04/2021).

 

Adapun hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kasatpol PP Prov. Kalbar Y. Anthonius Rawing SE, M.Si, Wadir Samapta Polda Kalbar AKBP Permadi, Kabag Ops Polresta Pontianak AKP Sutrisno S.IK MA, Pabung Kodim 1207/BS Letda Inf Lukas, Kasatpol PP Kota Pontianak Syf. Adriana, Kakan Kesbangpol Sy. Rizal Almutthahar, S.Sos, Kadin Kes Kota Pontianak dr. Handanu Sidiq M.Kes, Kasi Perawatan Damkar Kota Pontianak Surya Saputra, Ketua Bakorkomwil 1207.

 

Patroli gabungan ini dilaksanakan ke beberapa Cafe dan tempat hiburan yang berada di wilayah Kota Pontianak, dimana tempat-tempat ini disinyalir berpotensi untuk menimbulkan kerumunan masyarakat yang bisa mengakibatkan terjadinya penyebaran Covid-19.

 

Petugas gabungan yang merupakan Tim Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Kota Pontianak yang terdiri dari Personel Kodim 1207/BS, Polresta Pontianak Direktorat Samapta Polda Kalbar, Satpol PP Prov. Kalbar, Dinkes Kota Pontianak, Kesbangpol Kota Pontianak dan Ormas Badan Koordinasi Komunikasi Wilayah (Bakorkomwil) 1207 ini melaksanakan Patroli dan sosialisasi protokol kesehatan secara terpadu kepada masyarakat terkait penegakan Surat Edaran Gubernur Kalimantan Barat tentang Pembatasan Jam Operasional Kegiatan Usaha.

 

Pada saat Patroli, Letda Inf Lukas yang memimpin personel Kodim 1207/BS menyampaikan, “Patroli ini dilaksanakan dalam rangka penegakan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 diwilayah Kota Pontianak, adapun sasaran dalam Patroli kali ini adalah Caffe Tiam di Jln. Imam Bonjol Kel. Bansir laut Kec. Pontianak Selatan, Locomotiv Caffe di Jln. Imam Bonjol Kel. Bansir Laut Kec. Pontianak Selatan, Warkop Imbon di Jln. Imam Bonjol Kel. Bansir Laut Kec. Pontianak Selatan, Warung Unlimited di Jln. Reformasi Kel. Bansir Darat Kec. Pontiank Tenggara. Ucap Letda Lukas

Baca Juga:  Aliansi Mahasiswa Ketapang Lakukan Aksi, Tuntut¬†Selesaikan Masalah Regional Hingga Nasional

 

Dalam Razia kali ini Satgas gabungan Covid-19 melaksanakan Rapid Test Swab Antigen kepada 100 pengunjung Warung Unlimited, selanjutnya dari Petugas Tim Kesehatan Prov. Kalbar menyampaikan, untuk hasil Swab/PCR akan disampaikan kemudian, dan akan diadakan pemanggilan sesuai data apabila ada yg positif terpapar Covid-19, sesuai data pada waktu pemeriksaan Rapid Test Swab Antigen,” Tutur Letda Inf Lukas.

 

Lanjut Letda Inf Lukas, “Pelaksanaan Razia yang dilaksanakan oleh petugas gabungan ini adalah untuk memberikan himbauan kepada para pengunjung untuk kembali kerumah dan kepada petugas Cafe agar menutup Cafenya, hal ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Gubernur No. 443.1/0547 Tahun 2021 tentang Pembatasan Jam Operasional Kegiatan Usaha dan Peraturan Walikota Pontianak No.58 Th. 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019”

 

“Ketegasan dan konsistensi Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan dalam rangka menuju masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 ini sangatlah penting untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Semoga dengan langkah ini benar-benar dapat efektif untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Pontianak,” Pungkas Letda Inf Lukas