Penetapan Hari ini, Kemenag Pusatkan 101 titik Pemantauan Hilal Di Seluruh Indonesia

Gambar/Istimewa.

Jakarta, Beritaborneo.id Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat atau penetapan 1 Ramadan 1443 H pada hari ini, Jumat 1 April 2022 – petang. Sidang tersebut akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Dirjen Bimas Islam Kemenag menjelaskan karena masih era pendemi sidang Isbat kembali digelar hybrid (Daring dan During).

“Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dalam keterangan resminya, Senin (14/03) lalu.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahapan.

Berikut Tahapan sidang Isbat

Tahap pertama, tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag akan memaparkan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan mulai pukul 17.00 WIB.

Kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1443 Hijriah. Sesi ini digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. Sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.

“Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag,” tambah dia.

Adib turut memastikan pihaknya akan menggelar pemantauan hilal untuk menentukan awal Ramadan 1443 Hijriah di 101 titik tersebar di seluruh Indonesia.

Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain, di daerah setempat

“Kemenag telah menetapkan 101 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia,” kata Adib.