Berita  

Sy. Abdullah Alkadrie Gandeng Kementrian PUPR Salurkan BSPS

Kuburaya, Beritaborneo.id- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Perumahan telah menggulirkan bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan Bedah Rumah.

 

Gencarnya program BSPS dengan skema Padat Karya juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang terdampak Pandemi COVID-19 sekaligus peningkatkan kualitas rumah layak untuk di huni.

 

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi NasDem, H. Syarief Abdullah Alkadrie disaat memberikan sambutannya yang secara langsung di hadiri Direktur Jenderal Perumahan Dr.Ir. H. Khalawi, pada kegiatan pencanangan program padat karya 2021, dan serah terima BSPS TA 2021 sekaligus serah terima BSPS TA 2021, yang di laksanakan di Desa Sungai Ambawang Kuala Kabupaten Kuburaya.

 

Menurut penuturan Kepala Bidang (Kabid) Permukiman Dinas Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman Kubu Raya, Juni Wardana mengatakan, Kabupaten Kuburaya yang saat ini mendapatkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang sudah direalisasikan dari tahun 2009 sampai tahun 2021 berjumlah 11.566 dan sekitar tujuh ribu lebih (65%), merupakan aspirasi dari bapak H. Syarief Abdullah Alkadrie yang di alokasikan di Kabupaten Kuburaya.

 

Selain itu, Kabupaten Kuburaya yang juga tetangga Ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, tentu ini sangat strategis, hal itu juga menjadi harapan dan dambaan masyarakat untuk mendapatkan bantuan tersebut. Bantuan ini memang sangat menyentuh langsung kepada masyarakat, Ungkap Juni Wardana.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perumahan Dr.ir. H. Khalawi, menuturkan, Program BSPS ini adalah program idola bagi masyarakat, karena dampaknya sangat luar biasa. Dan, disaat kita terkena pandemi Covid-19, ternyata masyarakat masih bisa bergerak dengan ekonominya serta sedikit memberikan peluang kerja kepada masyarakat yang membutuhkan, tuturnya.

Baca Juga:  Komisi V DPR RI Mengapresiasi Kementrian PUPR

 

Lebih lanjut, Ketua DPW NasDem Kalbar, menyampaikan terimakasihnya kepada Direktur Jenderal Perumahan Dr. ir. H. Khalawi, yang sudah banyak mengalokasikan Program Bantuan Bedah Rumah di kalbar.

 

Dengan program BSPS ini, tentu memberikan suntikan dan rangsangan secara langsung kepada masyarakat bagi mereka yang sangat membutuhkan.

 

“kita bersyukur, stimulan itu betul betul bisa terwujud. Sehingga ada yang membangun rumah sampai ada yang menjual sapi dan di bantu oleh anak anaknya, serta juga ada yang sampai menjual tanah. Tentunya, dengan adanya program bantuan ini akan memberikan rangsangan langsung kepada masyarakat,”imbuhnya, (29/04/20210).

 

“Sisi positif dari adanya bantuan BSPS ini, yakni meningkatkan rasa gotong royong dan kebersamaan. Dimana, tatkala ketika ada pembangunanan rumah yang hendak akan di bangun. Masyarakat sekitar atau tetangganya juga akan membantu, seperti mengangkat pasir, batu dan tenaga,”jelas Sy. Abdullah.

 

Dirinya juga sampaikan, bantuan tersebut juga tidak lepas dari peran serta dari Pemerintah Daerah dan yang lainnya. Sehinga bisa mewujudkan rumah layak huni kepada masyarakat.

 

“pada hakikatnya program BSPS ini mendorong kebersamaan aspek kemanusiaan, jadi ada Masyarakat yang kurang mampu dan rumahnya tidak layak huni, kita ramai ramai membantu dengan stimulan jadilah rumah yang layak dan bisa di huni,” pungkasnya.

 

Sebelum melakukan pembangunan, saya seringkali meminta  dan mengingatkan kepada Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) pekerjaannya tolong di laksanakan dengan sebaik-baik mungkin, cari kualitas kayu dan bahan yang bagus sesuai dengan anggarannya. Bagi kita bantuan ini mungkin tidak besar, Tetapi bagi mereka yang membutuhkan itu sangat luar biasa, tegas politisi NasDem itu.

 

 

Red.