Pygmy Marmoset, Monyet Terkecil Di Dunia

Sumber: Harga.web.id

Beritaborneo.id – Monyet merupakan salah satu hewan yang hidupnya mengelompok, berekor, dan berkaki empat.

Monyet sendiri memakan buah-buahan atau sayuran, seperti pisang, jambu, dan sejenisnya. Sampai saat ini, ditemukan ada 264 jenis monyet yang hidup di berbagai belahan dunia.

Monyet sendiri, seringkali dimanfaatkan manusia, seperti memanen kelapa, atau menjadi alat hiburan seperti pameran atraksi dipasar, dan lain sebagainya.

Monyet hidup dihutan-hutan belantara, dan kehidupannya selalu bergelantungan dipohon-pohon.

Tapi, apakah kalian tahu monyet terkecil di dunia? Pygmy Marmoset, merupakan salah satu jenis monyet dan terkecil didunia.

Pygmy Marmoset,  merupakan jenis monyet endemic barat. Kehidupannya di Hutan Amazon, Amerika Selatan. Tepatnya di Hutan Hijau Abadi atau hutan yang menghijau sepanjang tahun.

Makanan Pygmy Marmoset, makan utamanya yakni getah pohon, tapi, monyet kecil ini juga memakan serangga, pisang dan beberapa jenis makanan yang disukainya. Pygmy merupakan hewan yang masuk dalam kategori hewan Omnivora.

Monyet kecil ini, ada dua spesies, yakni Cebuella Pygmaea Pygmaea (marmoset kerdil utara), dan Cebuella Pygmaea Niveiventrsi (marmoset kerdil timur).

Sedangkan ukuran Pygmy, yakni Panjang tubuhnya (tanpa ekor) 117-152 mm (4,6 – 6,0 in). Panjang ekornya 172 – 229 mm (6,8 – 9,0 in. untuk tubuhnya sendiri, yakni dewasa 100 gram (3,5 oz), dengan betina lebih besar dari pada laki-laki.

Pygmy Marmoset berwarna kuning kecoklatan dengan variasi abu-abu kehitaman di bagian kepalanya.

Keunikan dari jenis hewan ini, lehernya bisa berputar 180 drajat, dan badan yang begitu lucu, karena tubuhnya yang kecil.

Untuk kalian yang bertemu dengan monyet atau Pygmy Marmoset, selalu waspada dan hati-hati, karena hewan ini memiliki cakar tajam yang bisa membuat kalian yang memegangnya akan terluka. Cakar dari monyet ini, digunakan untuk membantunya mencengkram dahan pohon. Dan bisa melompat jauh, sampai 5 M.

Baca Juga:  Pemuda NU Landak Galang Dana untuk Korban Banjir di Kalbar

Monyet Kecil ini juga memiliki jambul dibagian kepalanya, semakin besar atau dewasa, jambul tersebut akan semakin panjang.