Narasi  

Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan penuh Keimanan

sambut-bulan-suci-ramadhan-dengan-penuh-keimanan
Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan penuh Keimanan

BeritaBorneo.id – Sebentar lagi umat islam akan menyabut bulan yang di agungkan yaitu bulan suci ramadhan. Banyak yang menanti kedatangan-Nya. Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an selalu menghiasi malam dan siang. Bulan ramadhan saat ini masih di Era pandemi covid-19. Jadi, mari terus menjaga kesehatan agar kita terhindar dari wabah ini.

Kemudian, Hal yang harus dijalankan oleh umat muslim menguji keimanan dengan berpuasa salah satunya menahan diri dari segala macamnya. Dari sejak terbit fajar Sampai Datang nya Waktu magrib. Disitulah umat muslim merasakan Perjuangan menahan hawa nafsu agar puasa selalu diterima disisi Allah SWT.

Bahkan para setiap pakar Islam setuju dengan definisi puasa yaitu menahan diri dari makan, minum, bersetubuh, dan nafsu lainnya.

Bagaimana kita tahu syarat-syarat puasa? Surat Al-Baqarah 185 mengatakan, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan . . . barangsiapa di antara kamu hadir . . . di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu . . .”

Namun, selain itu tidak ada syarat puasa dalam Al-Quran. Hanya saja Seruan berpuasa bagi umat muslim,
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Qs 2:183).

Lalu apa saja amalan yang dapat dikerjakan oleh Muslim, dibulan yang mulia Allah SWT memberikan lipatan ganda Amal Ibadahnya.

Berikut amalan yang harus kita ketahui:

1. Perbanyak i’tikaf
Amalan di bulan Ramadan yang dianjurkan pertama adalah dengan memperbanyak i’tikaf. Menghabiskan waktu luang selama menjalankan ibadah puasa dengan berdiam diri di Masjid dan memperbanyak doa, ibadah, tak hanya membantu memperteguh keimanan tapi juga menjauhkanmu dari perbuatan-perbuatan yang tak baik.

2. Tarawih
Ibadah salat tarawih berjamaah merupakan sunnah yang juga akan menambah pahala. Untuk itu, jangan malas-malasan untuk menunaikan salah Tarawih sehabis berbuka puasa.

Baca Juga:  Beduk Raksasa di Pasang di Depan Masjid Raya Singkawang

3. Malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar biasanya berada di 10 malam terakhir di Bulan Ramadan, terutama malam-malam ganjil. Pada malam ini, pahala yang di dapat akan lebih besar dibandingkan malam-malam lainnya di Bulan Ramadan. Maka dari itu, perbanyaklah ibadah dan amal selama bulan Puasa di malam-malam terakhir bulan Ramadan ini. Toppers bisa melakukan i’tikaf, shalat malam, dan juga perbanyak doa dan berdzikir.

4. Membaca Al-Quran
Amalan Bulan Ramadan yang dianjurkan selanjutnya adalah menunaikan tadarus Al-Quran. Dengan mengaji selama Bulan Ramadan, kamu tak hanya bisa mendapatkan berkah tetapi juga mampu meningkatkan ketagwaan dan iman untuk menjalani ibadah Puasa di Bulan Ramadhan.

5. Perbanyak Sedekah
Sedekah adalah salah satu kewajiban umat Muslim baik di Bulan Ramadan ataupun tidak. Namun, mengingat berkah bulan Ramadan lebih berlipat ganda, ada baiknya kita tak melewatkan momentum Ramadan untuk bersedekah dan menunaikan zakat. Bersedekah harus didasari dengan niat yang ikhlas dan tulus agar amal ibadahnya diterima Oleh Allah SWT.

6. Umroh bagi yang Mampu
Ibadah Umroh adalah salah satu anjuran Rasullulah SAW dan bagi umat Islam yang mampu baik dari segi materi dan moril, sangat baik untuk menunaikan ibadah Umroh di Bulan Suci Ramadan.

7. Perbanyak Istigfar
Istigfar, Amalan ibadah puasa selanjutnya adalah dengan memohon pengampunan kepada Allah SWT dengan tulus. Pada bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan pengampunan bagi dosa-dosa hambanya. Sehingga sudah seharusnya kita menggunakan momen ini untuk mengakui dosa dan memohon ampun. Dan jangan lupa untuk tidak mengulanginya.

8. Taubat
Meneruskan amalan istigfar, pintu pengampunan selama bulan Ramadan selalu terbuka lebar. Itulah sebabnya banyak orang yang bertubat dan kembali ke fitrah di Bulan Ramadan ini.

Baca Juga:  PMII Ketapang Bagikan Ratusan Takjil dan Al - Qur'an

9. Dakwah
Berdakwah di Bulan Ramadan memiliki pahala yang besar karena siapapun yang menunjukkan kebaikan, baginya pahala pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya. Dan berdakwah disini tak harus melulu berbicara di masjid tapi berusahalah mengerjakan ibadan dan tingkat laku yang baik.

Cukup singkat tanpa mengurangi rasa Keimanan kita sebagai umat muslim. Dengan hati yang bersih tingkatkan keimananan di bulan Suci. Taqobalallahu minna wa minkum, taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim. Semoga Bulan puasa tahun ini lebih baik lagi dan menambah keimanan kita semua.