Berita  

Sempurnakan Puasa Ramadhan, Anggota Kodim 1207/BS Bayar Zakat Fitrah

Sempurnakan Puasa Ramadan, Anggota Kodim 1207/BS Bayar Zakat Fitrah

Pontianak, Beritaborneo.id – Puasa Ramadhan tinggal menghitung Jam, ada kewajiban bagi umat muslim (Islam) dalam menyempurnakan puasa Ramadhan. Hal inilah yang dilakukan anggota Kodim 1207/BS yang beragama islam menyempurnakan ibadah puasa ramadhan dengan membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang dengan besaran yang harus dikeluarkan adalah satu sha’. Satu sha’ memiliki nilai yang sama dengan 2,5 kg beras, gandum, kurma, sagu dan sebagainya, atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi perorangan sehari-hari.

Adapun Penerimaan zakat fitrah anggota Kodim 1207/BS dikoordinir oleh Staf Personel melalui Panitia Amil Zakat Mushola Al-Hidayah Kodim 1207/BS.

Seperti disampaikan oleh Pasi Persdim 1207/BS Mayor Kav Anjaswadi bahwa Bagi Umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan diwajibkan membayar zakat fitrah yang bertujuan untuk mensucikan diri dan menyempurnakan amal ibadah selama berpuasa.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Prajurit dan PNS Kodim 1207/BS dengan melaksanakan pembayaran zakat fitrah kepada panitia amal zakat sesuai dengan ketentuan berzakat fitrah, kata Pasipers

“Pada tahun ini kita kembali menerima zakat fitrah anggota yang beragama muslim dam nantinya akan kami salurkan kepada yang berhak menerima.”

Adapun tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah merupakan salah satu ibadah yang berfungsi untuk mensucikan ibadah puasa seorang muslim dan menyempurnakannya, ujar Pasipers

Lanjut Pasipers menambahkan setiap umat muslim, baik yang sudah baligh maupun belum, laki-laki maupun perempuan, memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah setiap tahunnya.

“Kewajiban ini ditunaikan maksimal sebelum salat Idul Fitri pada 1 Syawal setiap tahun,” imbuhnya.

“Selain disalurkan kepada fakir miskin dan kaum duafa rencana hasil zakat fitrah anggota Kodim 1207/BS akan kami salurkan kepada Panti Asuhan yang ada di wilayah binaan Kodim 1207/BS yaitu Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya pungkas Pasipers.

Baca Juga:  Karang Taruna Pontianak Utara, Siap Jadi Motor Penggerak Pemuda Kecamatan

 

 

 

***