Suka Ngopi, Sudah Tau Belum Jenis Kopi Indonesia Mendunia

Suka Ngopi, Sudah Tau Belum Jenis Kopi Indonesia Mendunia. Ilustrasi kopi/Kudus news

Berita kopi, Beritaborneo.id – Kopi merupakan salah satu komoditi yang menjanjikan bagi negara Indonesia. Negara kita dikenal sudah lama menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia.

Kontes Kopi Spesialti Indonesia 2021 (KKSI) mengumumkan kopi terbaik Indonesia.

Juara pertama KKSI 2021 untuk jenis kopi robusta disabet oleh Martina Rinasih asal Jambu Semarang Jawa tengah

Kemudian, Sejak 2016, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi urutan ke empat sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Rasa khas yang bisa ditemukan di kopi Indonesia memang tidak bisa ditemukan pada jenis kopi yang lainnya.

Kopi khas yang dimiliki oleh Indonesia sudah tersebar dari Sabang hingga Merauke. Setiap daerah pun memiliki cita rasa unik tersendiri.

Selain itu, Indonesia juga memiliki jenis kopi yang dinilai telah terkenal hingga ke wilayah global karena cita rasa yang dimilikinya. Untuk mengetahui jenis-jenis apa saja kopi tersebut, berikut 8 jenis kopi Indonesia yang mendunia:

1. Kopi Jawa Barat

Jawa Barat ternyata merupakan salah satu provinsi penghasil kopi terbaik yang ada di dunia saat ini. Konon, citarasa kopi dari Jawa Barat ini dapat menyaingi citarasa kopi Toraja, Aceh, ataupun Sumatera.

Citarasa kopi yang dihasilkan dari daerah ini memiliki cita rasa manis yang banyak disukai orang-orang. Walaupun masih sulit ditemukan, kopi asal Jawa Barat ini dipercaya dapat menyaingi kopi asal Afrika dan Ethiopia.

2. Kopi Flores

Jenis kopi Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah jenis kopi Flores. Kopi Flores Bajawa merupakan salah satu jenis kopi yang telah banyak dikenal oleh para pecinta kopi di seluruh dunia.

Kopi ini memiliki tekstur rasa yang fruity dan sedikit ada citarasa tembakau pada after taste-nya. Kopi Flores dapat tumbuh subur karena tumbuh pada dataran tinggi dan disokong oleh adanya abu vulkanik dari gunung berapi yang menyuburkan tanah pada daerah tersebut.

Baca Juga:  Berusia 3 tahun, PMII Pontianak Raya Melahirkan Karya Nyata

 

3. Kopi Lanang

Jenis kopi indonesia yang telah mendunia yang selanjutnya adalah jenis kopi lanang. Terciptanya kata kopi lanang yaitu karena biji pada kopi lanang ini berbentuk bulat tunggal serta tidak ada belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya.

Kata lanang merupakan istilah bahasa Jawa yang menandakan bahwa itu laki-laki. Dan manfaat yang bisa diperoleh ternyata dapat menambah vitalitas pria.

Maka dari itu, di pasaran harga kopi ini terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis-jenis kopi yang lain. Kopi jenis ini dapat menghasilkan kopi lanang robusta dan kopi lanang arabika. Selain itu, kopi ini ternyata telah populer sejak pemerintahan zaman Belanda.

 

4. Kopi Sidkalang

Jenis kopi Indonesia yang mendunia yang terakhir adalah kopi Sidikalang. Konon, kopi ini sangat digemari oleh para pecinta kopi baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Karena dinilai memiliki kualitas yang tinggi, kopi ini menjadi pesaing utama dari kopi Brazil. Kopi ini memiliki tekstur rasa yang halus dan lembut bagi Anda yang ingin mencoba jenis kopi ini.

 

5. Kopi Toraja

Jenis kopi Indonesia yang mendunia yang pertama adalah kopi Toraja. Kopi Toraja dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan tepatnya di pegunungan Toraja.

Pegunungan di daerah Toraja memang dikenal dengan lahan yang sangat baik dan subur bagi pertumbuhan tanaman kopi. Buktinya adalah dua jenis kopi terbaik di dunia bisa dihasilkan pada daerah ini contohnya adalah Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta.

Perbedaan dari dua jenis kopi ini adalah terdapat pada kandungan kafein yang dihasilkan pada setiap jenis kopi Toraja. Kopi ini memiliki citarasa keasaman dengan kadar yang tinggi.

Baca Juga:  Diduga Pungli, Prona Desa Merarai 1 Kecamatan Sungai Tebelian, LKRI Minta Tim Saber Pungli Selidiki

Selain itu, citarasa yang memiliki unsur tanah yang unik dan khas menjadi ciri utama kopi Toraja.

 

6. Kopi Kintamani

Selain terkenal dengan sektor pariwisatanya, Pulau Bali juga dikenal sebagai salah satu penghasil kopi yang telah mendunia.

Kopi Kintamani merupakan salah satu jenis kopi yang telah ada dan tumbuh subur di Pulau Bali. Di daerah Kintamani, kopi ini memiliki ciri khas yanng lain daripada yang lain.

Kopi Kintamani memiliki tesktur rasa yang segar dan bercampur dengan rasa keasaman yang khas. Hal tersebut dikarenakan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpangsari.

7. Kopi Aceh

Aceh juga merupakan salah satu kota penghasil jenis kopi Indonesia yang mendunia. Salah satu varian kopi yang terkenal dari daerah ini adalah Kopi Aceh Gayo.

Kopi tersebut dihasilkan di wilayah dataran tiinggi Gayo. Perkebunan kopi di daerah tersebut rata-rata berada pada ketinggian 1.200 hingga 1.700 mdpl.

Para penyuka jenis kopi Arabika pasti akan menyukai tekstur rasa kopi Aceh Gayo ini karena memiliki tesktur rasa seperti rempah-rempah.

 

8. Kopi Sumatera

Pulau Sumatera merupakan salah satu penghasil kopi terbaik dengan tekstur rasa yang disukai oleh para pecinta kopi di dunia. Beberapa jenis kopi yang dihasilkan disini seperti kopi Mandailing dan kopi Lintong.

Kopi yang dihasilkan dari daerah ini memiliki tekstur rasa yang halus dengan rasa kakao atau tembakau.