Tembokpedia Pontianak Membangun Karakter Anak Lewat Seni

Pontianak, Beritaborneo.id – Tembokpedia Pontianak menggelar kegiatan mewarnai (mural) pada hari Minggu tanggal 20 Maret 2022 di Jalan khatulistiwa Gg. Teluk Air, RW 09 Siantan Pontianak Utara

Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dan warga setempat.

 

Ahmad Fauji selaku koordinator umum kegiatan menjelaskan bahwa ini merupakan kali kedua kegiatan Tembokpedia diadakan di kota Pontianak.

 

Tembokpedia pertama kali diadakan di Gang Tiong Kandang, Sungai Jawi, Pontianak Barat

 

Kegiatan inti tembokpedia dilaksanakan selama dua hari. Mulai dari hari pertama yang disebut juga dengan Hari Sketsa

Hari sketsa adalah hari dimana relawan membuat sketsa gambar sebelum keesokan harinya (Hari kedua) diwarnai bersama anak-anak yang berada disekitar tembok.

 

Keterlibatan anak-anak dalam kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter baik anak-anak dengan pesan-pesan moral dari gambar yang diwarnai.

 

“Setelah kegiatan ini selesai diharapkan anak-anak dapat merealisasikan pesan-pesan moral yang terdapat pada gambar, sehingga tujuan dari Tembokpedia dalam membentuk karakter baik anak-anak bisa terwujud,” ujar fauzi.

 

Kegiatan ini disambut baik oleh warga RW 09 Gg teluk air Siantan Pontianak Utara. Pak Haryanto selaku RW 09 sangat mendukung dan mengapresiasi adanya kegiatan Tembokpedia Pontianak batch 2 ini.

“Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan mural yang di inisiator oleh teman² tembokpedia, terlebih lagi tembokpedia juga melibatkan anak-anak dan warga Gang Teluk Air sebagai partisipan,” kata Haryanto.

 

Anak-anak juga sangat senang dan terlihat antusias mengikuti kegiatan, datang tepat waktu, taat prokes dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kegiatan Tembokpedia kali ini berkolaborasi dengan Spairum Pontianak sebagai Stasiun penyedia air mineral.

 

Kegiatan Tembokpedia Pontianak batch 2, menghasilkan sebanyak 13 gambar yang di mural pada tembok sepanjang kurang lebih 20 meter. Pengerjaan mural dibantu anak- anak dan relawan.

 

Kegiatan mural juga diapresiasi dengan adanya peresmian langsung dari pihak RW dengan peletakan cat pertama dan penanda tanganan di tembok

Kegiatan berjalan lancar, sampai bertemu di Tembokpedia Pontianak di batch berikutnya.

 

(Fzi)