Tetap Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa, Ini 5 Tips Sehat Berpuasa Ditengah Pandemi

tetap-jaga-daya-tahan-tubuh-saat-berpuasa-ini-5-tips-sehat-berpuasa-ditengah-pandemi
Ilustrasi Puasa Ramadhan

BeritaBorneo.id – Saat ini Umat muslim diseluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa  Ramadhan 1442 H / 2021 M, akan tetapi ada yang berbeda, puasa dibulan ini dilaksanakan ditengah wabah virus corona (COVID-19).

Terlebih lagi, pandemi Covid-19 belum ada kepastian akan berakhir di tahun 2021 ini. Oleh karenanya harus tetap dapat menjaga agar tubuh selalu prima selama menjalankan puasa tahun ini, terutama di tengah penademi.

Untuk menjalankan puasa supaya tetap maksimal dan mampu beradaptasi selama wabah COVID-19 tersebut tentunya kita perlu senantiasa menjaga kebugaran tubuh.

Menurut Dr.Windy Vanesha. Secara umum, ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan selama menjalankan ibadah puasa. Diantaranya, dengan tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi, beristirahat dengan cukup, juga memiliki gaya hidup yang teratur. Selain itu, tentu kita juga perlu untuk memperhatikan kondisi kesehatan tubuh, sekaligus tetap berolahraga pada saat yang memungkinkan.

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi saat saur dan berbuka
    Kunci utama untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar adalah mengonsumsi makanan bergizi. Saat puasa, Anda bisa menerapkannya saat sahur dan berbuka puasa.Saat Sahur; Supaya puasa selam pandemi yang dijalani dengan lancar, maka perlu memilih makanan yang mengandung pati untuk memperoleh energi dan juga berserat tinggi seperti Oatmeal,Sereal, Nasi, Yogurt & Roti. Selain itu makanan yang mengandung protein juga bisa menjadi pilihan.

    Buka Puasa; Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari makan secara berlebihan. Hal ini justru dapat menyebabkan perut merasa kembung. Sebaiknya, berbukalah dengan air putih, mengkonsumsi makanan dengan rendah lemak, dan makanan yang mengandung gula alami untuk memberi energi pada tubuh, seperti jus, kurma, buah, atau sup. Setelah berbuka puasa, makanlah makanan dengan gizi yang seimbang, terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat. Makanan dengan gizi seimbang dapat menjaga tubuh tetap bugar saat puasa dan selama pandemi COVID-19.

  2. Mengkonsumi air putih secara teratur saat saur dan berbuka
    Perbanyaklah mengkonsumsi air putih, bukan air yang banyak mengandung gula, karena sudah jelas air putih kaya akan manfaat. kita bisa menerapakan pola mengkonsumsi air putih,
    – 1 gelas setelah bangun sahur,
    – 1 gelas setelah sahur,
    – 1 gelas saat berbuka puasa,
    – 1 gelas setelah salat magrib,
    – 1 gelas setelah makan malam,
    – 1 gelas setelah salat isya,
    – 1 gelas setelah tarawih,
    – 1 gelas sebelum tidur.
  3. Istirahat yang cukup
    Salah satu cara yang dapat menjaga kondisi tubuh tetap bugar adalah istirahat dengan cukup, saat menjalankan ibadah puasa istirahat siang tentunya ditunggu-tunggu, dengan meluangkan waktu beristirahat ditengah kesibukan dapat membantu kondisi tubuh tidak cepat lemas.
  4. Lengkapi Nutrisi dengan Multivitamin
    Selama berpuasa kita perlu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Caranya, dengan mengonsumsi multivitamin kesehatan. Jenis mulitvatamin yang dipilih pun sudah tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh seseorang sehingga tidak bisa disamaratakan.Suplemen khusus Ramadan berupa multivitamin yang dibutuhkan tubuh meliputi vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, dan zat besi, habbatussauda dan sari kunyit (turmeric).

    Mengonsumsi multivitamin saat puasa dapat membantu dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

  5. Olahraga ringan
    Walaupun menjalankan ibadah puasa tentunya tidak menghalangi semangat kita untuk tetap berolahraga, justru hal tersebut sangat baik. Lakukan olahraga ringan dipagi hari atau sebelum berangkat bekerja minimal 5 menit saja.
Baca Juga:  iPhone 12 terbaru di Indonesia Mei 2021, ini daftar harganya