Berita  

Yakorma Kalbar Peringati Tahun Baru Islam 1443 H Dengan Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu

Yakorma Kalbar Peringati Tahun Baru Islam 1443 H Dengan Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu

Kalbar, Beritaborneo.id – Bulan Muharram termasuk bulan yang istimewa bagi umat Islam di Dunia. Banyak dalil yang menunjukkan bahwa Allah SWT dan rasul-Nya memuliakan bulan Muharram.

 

Karenanya, perayaan 1 Muharram 1443 H banyak diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan, kemanusiaan atau sosial, seperti diantaranya santunan anak yatim.

 

Setidaknya, hal itulah yang dilakukan Pengurus Yayasan Kerukunan Orang Madura (Yakorma). Selain mendengarkan tausiyah atau ceramah agama dari Ust. Sarijan Aziz selaku Ketua Yakorma Kalimantan Barat. Peringatan tahun baru Islam 1443 Hijriyah itu juga diisi dengan pemberian santunan bagi 50 anak yatim dan piatu dari lingkungan Desa Tebang Kacang Kecamatan Sungai Raya. (10/8/2021)

 

Hadir dalam kegiatan tersebut:

Pengurus DPW Yakorma Kalimantan Barat

Pengurus DPC Yakorma Kubu Raya

Pengurus PAC Yakorma Sungai Raya

Pengurus RANTING Yakorma Tebang Kacang

Pengurus Majelis Muslimah Yakorma (MAMY)

Pengurus Aliansi Remaja Muda Yakorma (ARMY)

Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat

 

Ketua Ranting Yakorma Tebang Kacang sekaligus ketua Pelaksana Kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1443. Jamaluddin mengatakan, kegiatan itu pada hakekatnya mengandung makna penting bagi warga dalam memperkokoh ikatan tali silaturahmi dan menyanyangi anak yatim.

 

Tujuannya, untuk memberikan perhatian dan kasih sayang sebagai motivasi bagi generasi mendatang serta memperkuat landasan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.  “Ujarnya.

 

Dikesempatan yang sama, Irsan (Ketua Komisi 3 DPRD Prov. Kalimantan Barat sekaligus Ketua Dewan Pembina Yakorma Kalimantan Barat)  mengatakan, bahwa peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh Ukhuwah Islamiah atau persaudaraan, sehingga dapat menghindari perpecahan dan perbedaan pemahaman sesama umat Muslim, serta menginformasikan program rutin Yakorma  dihadapan Masyarakat agar lebih bermanfaat keberadaanya.

Baca Juga:  Dai Muda Nasional Hiasi Akhirusanah Ponpes Nurul Jadid Kubu Raya

“Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini tampak masyarakat  menyambut dengan baik dan antusias sekali dengan program-program Yakorma. Jadi, kegiatan ini bukan hanya sekedar kegiatan seremonial saja, akan tetapi yang paling utama adalah terwujudnya kekompakan warga disini,” tambahnya.

 

Sekretaris Yakorma, Muhiddin menambahkan, “Saya ingat dengan sebuah nasihat, berbuat baiklah sebanyak-banyaknya dan semoga salah satu perbuatan baik itu yang akan membukakan pintu surga untuk kita,” katanya.

Lebih lanjut, dalam memaknai momentum peringatan 1 Muharam kali ini, harus berani membenahi kebiasaan yang salah, dan harus lebih baik dari tahun kemarin, hal tersebut merupakan salah satu tanda orang yang beruntung.

 

“Semoga di bulan Muharam ini kita semua dan rakyat Indonesia dibebaskan dari wabah covid – 19 oleh Allah SWT, dan dapat menjadikan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin sehingga termasuk golongan orang-orang yang beruntung,” tutupnya.